Biografi dan Sejarah Nabi Muhammad SAW

Biografi Lengkap Nabi Muhammad SAW Mari Kita mengenal lebih dekat Biografi secara lengkap Nabi Muhammad, Beliau adalah sosok pemimpin paling besar umat Islam sepanjang periode, dan juga Nabi Muhammad dinobatkan sebagai tokoh nomor satu yang paling berpengaruh didunia di bandingkan tokoh-tokoh lainnya.Ingin tahu biografi lengkapnya ? Ikuti artikel menarik ini sampai selesai ya..

Nabi Muhammad dikenal sebagai orang yang jujur, amanat,sabar,tegar, dan penuh dengan kedermawanan. Dikenal juga dengan sosok yang pemaaf.

Ketika Nabi Muhammad mendapatkan gangguan dan cemoohan masyarakatnya, beliau hanya berkata “Ya Allah, ampunilah kaumku, karena mereka tidak mengetahui”.

Nabi Muhammad selalu mengharapkan kebaikan seluruh umat manusia, penyayang dan belas-kasih terhadap mereka. “Ia belas-kasih dan pengasih terhadap Mukminin”. Dan juga sosok yang suka menolong walaupun orang tersebut yang menyakitinya sekalipun

Biografi Lengkap Nabi Muhammad SAW

Ini dia biografi dan juga profil lengkap dari Nabi Muhammad saw. Beliau berasal dari suku Quraisy, tepatnya keturunan Hasyim. Ayah Nabi Muhammad bernama Abdullah bin Abdul Muthalib, cucu Hasyim.

Silsilah lengkap Nabi Muhammad adalah sebagai berikut: Muhammad bin Abdullah bin Abdul Mutthalib bin Hasyim bin Abdul Manaf bin Qushay bin Kilab bin Murrah bin Ka’ab bin Luay bin Ghalib bin Fihr (Quraisy) bin Malik bin Nadhr bin Kinanah bin Khuzayma bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudhar bin Nizar bin Ma’ad bin Adnan bin Udad bin al-Muqawwam bin Nahur bin Tayrah bin Ya’rub bin Yasyjub bin Nabit bin Ismail bin Ibrahim bin Tarih (Azar) bin Nahur bin Saru’ bin Ra’u bin Falikh bin Aybir bin Syalikh bin Arfakhsyad bin Sam bin Nuh bin Lamikh bin Mutusyalikh bin Akhnukh bin Yarda bin Mahlil bin Qinan bin Yanish bin Syits bin Adam.

Sedangkan Ibundanya adalah Aminah binti Wahb yang berasal dari keturunan Bani Zuhrah, salah satu kabilah Quraisy. Sesudah menikah, Abdullah melakukan perjalanan ke Syam. Setelahnya pulang dari perjalanan itu, beliau meninggal di Madinah dan dikuburkan di kota itu pula.

Setelah sekian bulan lamanya wafatnya sang ayah, lahirlah Nabi Muhammad di bulan Rabi’ul Awal, tahun 571 Masehi di Makkah, dan dengan kejadian tersebut dunia menjadi terang-benderang.

Ibunda tercintanya menyerahkan Nabi Muhammad mungil kepada Halimah Sa’diyah dari kabilah Bani Sa’d untuk disusui dan tinggal bersamanya selama empat tahun. Setelah itu Ibunya mengambil Nabi Muhammad kembali.

Singkat cerita dalam perjalanan pulang ke Makkah, ibundanya meninggal dan dikebumikan di Abwa`, daerah yang terletak antara Makkah dan Madinah.

Sesudah ibunda Nabi Muhammad meninggal, dengan cara bergantian, kakek dan paman Nabi Muhammad yakni Abdul Muthalib dan Abu Thalib merawatnya.

Saat Muhammad berumur 25 tahun lalu ia menikah dengan Khadijah yang dikala itu telah berumur empat puluh tahun. Mereka menjalani hidup dengan bahagia Lalu saat di umur 40 tahun Muhammad diangkat menjadi Nabi oleh Allah Swt.

Muhammad menjadi Nabi di usia 40 Tahun. Saat itu juga mendapatkan wahyu yang mulia yakni Al-Qur’an yang seluruh manusia dan jin pun tak bisa utk menandinginya. Nabi Muhammad dikenal sebagai Nabi yang memiliki akhlak yang mulia sebagai contoh uswatun hasanah untuk umatnya.

Nabi Muhammad mendapatkan kesempatan hidup selama enam puluh tiga tahun. Menurut pendapat masyhur, beliau wafat pada hari Senin bulan Shafar 11 Hijriah di Madinah.

Pada tahun 611 M Nabi Muhammad diangkat sebagai Rasul di Makkah dimana masa itu sedang maraknya kesyirikan dikotanya dengan rakyat penyembahan berhala dan api.

Dengan perjuangan dakwah nabi hingga akhir usianya, beliau selalu mengajak umat manusia untuk memeluk agama Islam ke jalan yang benar, dan banyak yang mendapatkan Hidayah Allah dengan dakwah beliau.

Biografi dan Sejarah Lengkap Nabi Muhammad

Berikut Biografi dan Biodata Nabi Muhammad Lengkap Bisa kamu lihat dibawah ini..

1. Nama Asli: Muhammad bin ‘Abdullah bin ‘Abdul Muttalib bin Hashim
2. Tanggal Lahir : Subuh Isnin, 12 Rabiulawal / 20 April 571M (dikenali sebagai tahun gajah; sempena peristiwa tentera bergajah Abrahah yang menyerang kota Mekah)
3. Tempat lahir Muhammad: Di rumah Abu Talib, Makkah Al-Mukarramah
4. Nama Ayah Muhammad: ‘Abdullah bin ‘Abdul Muttalib bin Hashim
5. Nama ibu Muhammad: Aminah binti Wahab bin ‘Abdul Manaf
6. Pengasuh pertama Muhammad: Barakah Al-Habsyiyyah (digelar Ummu Aiman. Hamba perempuan bapak Rasulullah)
7. Ibu susu pertama Muhammad: Thuwaibah (hamba perempuan Abu Lahab)
8. Ibu susu kedua Muhammad: Halimah binti Abu Zuaib As-Sa’diah (lebih dikenali Halimah As-Sa’diah. Suaminya bernama Abu Kabsyah)

Sejarah Singkat Nabi Muhammad SAW

Saat Muhammad umur 5 Tahun
* Peristiwa pembelahan dada Rasulullah saw yang dilakukan oleh dua malaikat untuk mengeluarkan bagian syaitan yang wujud di dalamnya.

Saat Muhammad umur 6 Tahun
* Ibunya Aminah binti Wahab ditimpa sakit dan meninggal dunia di Al-Abwa’ (sebuah kampung yang terletak di antara Mekah dan Madinah)
* Baginda dirawat oleh Ummu Aiman (hamba perempuan bapak Muhammad saw) dan dibiayai oleh kakeknya ‘Abdul Muttalib.

Saat Muhammad umur 8 Tahun
*Kakeknya Muhammad ‘Abdul Muttalib meninggal dunia.
* Baginda dirawat oleh pamannya, Abu Talib.

Saat Muhammad umur 9 Tahun (Setengah riwayat mengatakan pada usia 12 tahun)
* Bersama bapak saudaranya, Abu Talib bermusafir ke Syam atas urusan perniagaan.
* Di kota Busra, negeri Syam, seorang pendeta Nasrani bernama Bahira (Buhaira) telah bertemu ketua-ketua rombongan untuk menceritakan tentang pengutusan seorang nabi di kalangan bangsa Arab yang akan lahir pada masa itu.

Saat Muhammad umur 20 Tahun
* Terlibat dalam peperangan Fijar. Ibnu Hisyam di dalam kitab ‘Sirah’ , jilid 1, halaman 184-187 menyatakan pada ketika itu usia Muhammad saw ialah 14 atau 15 tahun. Baginda menyertai peperangan itu beberapa hari dan berperanan mengumpulkan anak-anak panah saja.
* Menyaksikan ‘ perjanjian Al-Fudhul’; perjanjian damai untuk memberi pertolongan kepada orang yang dizalimi di Mekah.

Saat Muhammad umur 25 Tahun
* Bermusafir kali kedua ke Syam atas urusan perniagaan barangan Khadijah binti Khuwailid Al-Asadiyah.
* Perjalanan ke Syam ditemani oleh Maisarah; lelaki suruhan Khadijah..
* Baginda Muhammad bersama-sama Abu Talib dan beberapa orang bapak saudaranya yang lain pergi berjumpa Amru bin Asad (bapak saudara Khadijah) untuk meminang Khadijah yang berusia 40 tahun ketika itu.
* Maskahwin baginda Muhammad kepada Khadijah adalah sebesar 500 dirham.

Saat Muhammad umur 35 Tahun
* Banjir besar melanda Mekah dan meruntuhkan dinding Ka’abah.
* Pembangunan ulang Ka’abah dilakukan oleh pembesar-pembesar dan penduduk Mekah.
* Muhammad SAW diberi kemuliaan untuk meletakkan ‘Hajarul-Aswad’ ke tempat asal dan sekaligus meredakan pertikaian berhubung perletakan batu tersebut.

Saat Muhammad umur 40 Tahun
* Muhammad menerima wahyu di gua Hira’ sebagai perlantikan menjadi Nabi dan Rasul akhir zaman.

Saat Muhammad umur 53 Tahun
* Berhijrah ke Madinah Al-Munawwarah dengan ditemani oleh Sahabat Abu Bakar Al-Siddiq.
* Sampai ke Madinah pada tanggal 12 Rabiulawal/ 24 September 622M.

Saat Muhammad umur 63 Tahun
* Muhammad SAW wafat di Madinah Al-Munawwarah pada hari Senin 12 Rabiulawal tahun 11H/ 8 Juni 632M.

Adapun Nama-Nama Istri Nabi Muhammad

1. Khadijah Binti Khuwailid
2. Saudah Binti Zam’ah
3. Aisyah Binti Abu Bakar (anak Saidina Abu Bakar)
4. Hafsah binti ‘Umar (anak Saidina ‘Umar bin Al-Khattab)
5. Ummi Habibah Binti Abu Sufyan
6. Hindun Binti Umaiyah (digelar Ummi Salamah)
7. Zainab Binti Jahsy
8. Maimunah Binti Harith
9. Safiyah Binti Huyai bin Akhtab
10.Zainab Binti Khuzaimah (digelar ‘Ummu Al-Masakin’; Ibu Orang Miskin)

Adapun Nama Anak-Anak Nabi Muhammad

1. Qasim
2. Abdullah
3. Ibrahim
4. Zainab
5. Ruqaiyah
6. Ummi Kalthum
7. Fatimah Al-Zahra’

Itulah dia Biografi serta sejarah lengkap Nabi Mihammad sebagai Rasul dan teladan yang baik untuk umatnya
Semoga memberikan inspirasi dan menggugah iman Kita. Alangkah lebih baiknya kisah ini di bagikan kepada teman-teman Anda lainnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment