Cara Memakai Plester Kinesio Tape Beserta Videonya

Cara Memakai Kinesio Tape –¬†Pernahkah Anda mendengar istilah kinesio tape? Bagi Anda yang gemar menonton olahraga, seperti futsal, sepak bola, voli, basket dan beberapa olahraga lain mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah ini.

Kinesio tape merupakan benda sejenis plester yang terbuat dari bahan lateks berperekat dan berbentuk pita. Plester kinesio tape memiliki ketebalan dan elastisitas yang hampir mirip dengan kulit manusia, sehingga dalam pemakaiannya tidak akan membatasi gerakan dan tidak akan menimbulkan penekanan di bagian tubuh yang direkati.

Plester kinesio tape ini memiliki banyak fungsi seperti sebagai aksesoris saat pertandingan, untuk mencegah terjadinya cidera dan untuk mempercepat proses penyembuhan cidera. Jika Anda mempunyai kinesio tape dan ingin memakainya, maka ikuti beberapa langkah dibawah ini.

Cara Memakai Kinesio Tape

1. Sebelum memakai kinesio tape, pastikan kulit Anda bersih dari minyak ataupun air.
2. Gunakan kinesio tape setidaknya 1 jam sebelum berolahraga atau melakukan aktivitas yang dapat menimbulkan kulit basah dengan keringan atau air. Hal ini dilakukan agar kinesio tape dapat melekat dengan baik dan benar pada kulit.
3. Hindari memakai kinesio tape dengan terlalu kencang agar kulit Anda terhindar dari iritasi.
4. Setelah dipasang, kinesio tape harus diusap perlahan dengan tangan agar menempel dengan baik. Hindari penggunaan alat bantu seperti hairdryer dalam merekatkan kinesio tape.
5. Kinesio tape bisa digunakan selama 3 sampai 5 hari.
6. Bagi Anda yang baru mau menggunakan kinesio tape, usahakan kulit dalam kondisi sehat tanpa iritasi.

Video Cara Memakai Kinesio Tape

Cara Memotong dan Memakai Kinesio Tape

Cara Memakai Kinesio Tape Pada Lutut

Leave a Comment