Pengertian dan Cara Memakai Wrist Tape yang Baik dan Benar

Wrist Tape – Wrist tape adalah salah satu dari athletic tape yang dikenakan di pergelangan tangan. Wrist tape biasanya dipakai oleh para pemain sepak bola atau futsal sebagai salah satu aksesoris mereka selama bertanding. Sebut saja Cristiano Ronaldo dan Neymar, keduanya sering memakai wrist tape saat sedang bertanding.

Selain mereka, banyak para pemain lain baik yang pro maupun amatir juga memakai wrist tape. Selain menjaga agar tidak cidera, juga memberikan kenyamanan pada tangan saat memakainya. Lantas bagaimana cara memakainya? Dalam pemakaian wrist tape, ada 4 langkah yaitu:

1. Pre Warp
2. Tape Anchor
3. Fan Taoe
4. Las Tape Anchor

Pre Warp

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah, membuat lipatan paling dasar dari pelindung tangan ini,yakni dengan melilitkan roll tape-nya di bagian yang dekat dengan pergelangan tangan, sampai ke telapak tangan.

Umumnya mayoritas dari kiper futsal, hanya melakukan lilitan pada roll tape hanya sampai tahap ini saja, dan tidak melanjutkannya sampai melilit ke telapak tangan.

Tape Anchor

Setelah lapisan pre warp sudah selesai, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat tape anchor-nya.

Kamu akan membutuhkan roll tape yang memiliki ukuran lebih lebar dan lebih kecil daripada roll tape yang digunakan untuk pre warp.

Namun tidak apa-apa pula kalau kamu menggunakan roll tape dengan ukuran yang sama, hanya saja melilitkannya lebih melebar saja.

Pada langkah ini, kamu bisa menimpa lapisan pre warp tadi dengan lilitan kecil di bagian atasnya, dengan 1x putaran yang putus.

Fan Tape

Tahap selanjutnya adalah, membuat ‘Tape Fan’ yang nantinya akan berguna sebagai pelindung utama untuk menahan pergelangan tangan dari impact pada bola.

Caranya ialah dengan menyusun dengan saling silang, yakni saling tiban-meniban antara tape-nya. Sebelum menempelkan pada pergelangan tangan, ada baiknya kamu menentukan dan mengukur terlebih dahulu seberapa panjang ukuran yang akan digunakan, serta sudut aman dari pergelangan tangan, supaya nantinya kamu bisa memasangnya dengan tepat.

Last Anchor Tape

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah melapiskan pelindung ke-2 untuk pergelangan tangan, yakni last anchor tape yang fungsinya untuk menutup bagian akhir “fan tape” , serta memperkuat posisi dan menebalkan “fan tape” itu sendiri.

Bagaimana, mudah bukan?

Video Cara Memakai Finger Tape dan Wrist Tape

Leave a Comment