Inilah 10 Cara Efektif Mencegah Keguguran Saat Hamil Muda

Cara Mencegah Keguguran Positif hamil merupakan kabar yang menggembirakan bagi pasangan yang telah menikah. Mengingat adanya bayi yang berada dalam perutnya seorang ibu pasti akan merasa bahagia dan sangat berhati-hati agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan pada bayi nya seperti keguguran.

Oleh karena itu, saat usia kandungan masih muda, ibu hamil harus selalu berhati-hati dan ekstra dalam menjaga dan merawat kandungannya. Karena janin yang masih muda sangat rentan untuk rontok atau keguguran dari rahim.

Keguguran pada rahim dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti gaya hidup, pola makan, dan juga bisa disebabkan oleh faktor ketidaksengajaan.

Ibu hamil harus melakukan berbagai macam cara untuk merawat kehamilannya untuk mencegah terjadinya keguguran. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah tejadinya keguguran saat hamil muda :

1. Istirahat yang Cukup

Ketika hamil muda sebaiknya ibu hamil melakukan istirahat yang cukup. Hal ini akan menghindarkan ibu dari kelelhan dan aktifitas yang berat yang dapat memicu kontraksi dini dan menjadi penyebab dari keguguran.

2. Hindari Aktifitas yang Berat

Pada awal kehamilan, biasanya ibu akan mudah lelah dan bahkan hingga pingsan. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk ibu agar tidak melakukan pekerjaan yang berat. Bila perlu lakukan pekerjaan dengan terjadwal agar terhindar dari pekerjaan yang terlalu berat.

3. Perhatikan Nutrisi Tubuh

Ketika hamil muda seringkali timbul rasa mual hingga selera makan hilang. Hal ini merupakan sesuatu yang normal, namun keadaan tersebut harus tetap dipaksa agar janin tidak kehilangan asupan nutrisi untuk perkembangannya. Ketika janin tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, akan meningkatkan resiko terjadinya keguguran pada janin.

4. KendalikanEmosi

Wanita hamil biasanya lebih terbawa emosi, karena ketidakstabilan hormon dalam tubuh. Hal ini akan sangat mempengaruhi tingkat stress yang dapat membahayakan perkembangan janin.

Oleh karena itu, Anda harus mengelola emosi dan mengendalikannya demi si jabang bayi. Lakukan berbagai hal yang dapat meningkatkan aura positif sehingga Anda menstabilkan emosi. Pastikan tubuh dan pikiran selalu dalam keadaan rileks.

5. Hindari Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol dan kafein adalah kebiasaan yang dapat membahayakan janin. Hal ini akan dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan janin dalam rahim. Oleh karena itu, hindarilah kebiasaan buruk tersebut untuk mencegah keguguran pada bayi.

6. Hindari Stress

Ibu yang mengalami stress akan meningkatkan resiko melahirkan bayi prematur dan bayi yang lebih kecil. Selain itu, stress pada ibu hamil juga dapat mengakibatkan janin mengalami keguguran.

Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk menghindari hal-hal yang dapat menjadi penyebab terjadinya stress yaitu dengan melakukan aktifitas yang menyenangkan.

7. Kurangi Frekuensi Hubungan Suami-istri

Menurut banyak dokter kandungan, tingginya frekuensi hubungan seksual pada awal kehamilan adalah penyebab utama keguguran, apalagi saat kondisi ibu hamil sedang tidak fit.

Selain itu, orgasme pada ibu hamil akan membuat rahim berkontraksi dan pada awal kehamilan rahim belum mempunyai kekuatan yang maksimal karena penyesuaian kehidupan dalam rahim.

8. Menjaga Kesehatan

Ketika hamil, ibu harus menjaga kesehatannya. jnagan sampai ibu terkena demam atau pusing. Hal ini akan menyebabkan suhu dalam rahim juga meningkat, sehingga dapat mengakibatkan janin tidak dapat bertahan dalam suhu yang panas.

10. Sering Berkonsultasi dengan Bidan atau Dokter Kandungan

Untuk menjaga kehamilan muda berkonsultasilah dengan dokter atau bidan secara rutin. Sangat disarankan bagi ibu hamil untuk mengkonsultasikan berbagai keluhannya pada bidan atau dokter kandungan. Hal ini akan membuat dokter atau bidan untuk membedakan hal-hal yang normal dan tidak normal yang Anda alami.

Demikian tadi beberapa cara untuk mencegah keguguran saat hamil muda. Kehamilan adalah karunia dari Tuhan, oleh karena itu sangat penting untuk Anda merawatnya sebagai ungkapan syukur pada Nikmat-Nya.

Semoga Bermanfaat.

Leave a Comment