Cara Efektif Mengatasi Morning Sickness (Mual) Saat Hamil

Cara Mengatasi Morning Sickness (Mual) Saat Hamil Morning Sickness ini hal yang sering ditemui oleh wanita hamil. Morning Sickness atau rasa mual ini merupakan gejala normal pada saat hamil, namun mual yang berlebihan akan sangat mengganggu terutama bagi kesehatan ibu dan janin.

Morning sikcness atau rasa mual biasanya dialami di trimester pertama. Apabila mual yang dialami tidak berlebihan maka pada trimester berikutnya tidak akan mengalami lagi morning sickness atau rasa mual pada saat hamil.

Meski dinamakan morning sickness, rasa mual yang timbul bukan hanya di pagi hari melainkan sepanjang hari. Rasa mual ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya :

1. Hormon Progesteron

Pada saat hamil biasanya hormon ini akan meningkat sehingga dapat mempengaruhi sistem pencernaan ibu hamil. Hormon ini memperlambat semua metabolisme terutama pencernaan.

2. Hormon hGC atau HCG

Pelepasan hormon ini pada ibu hamil yang menyebabkan munculnya rasa mual.

3. Makanan

Makan makanan yang berminyak dan pedas dapat memicu morning sickness. Fungsi sistem pencernaan yang telah menurun akibat hormon akan semakin memburuk saat mendapatkan asupan makanan berminyak dan pedas.

Cara Mengatasi Morning Sickness (Mual) Saat Hamil

Morning Sickness atau Rasa mual yang dialami oleh ibu hamil akan membuat ibu hamil tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasa.

Kebanyakan ibu hamil yang mengalami ini akan menjadi males untuk mengkonsumsi makanan. Oleh karena itu, para calon ibu harus mengetahui Cara Mengatasi Morning Sickness (Mual) Saat Hamil.

Ada beberapa Cara Mengatasi Morning Sickness (Mual) Saat Hamil yaitu :

a. Konsumsi Gizi Seimbang

Pada saat hamil, usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi dan tinggi protein. Konsumsi buah dan sayur juga sangat dianjurkan untuk mengatasi morning sickness.

b. Atur Pola Makan

Kebanyakan ibu hamil yang mengalami morning sickness akan menjadi males untuk makan. Usahakan untuk makan dengan porsi kecil terlebih dahulu agar tidak mengalami kekurangan nutrisi. Makan dengan porsi sedikit dan sering sangat dianjurkan.

c. Minum Jahe

Selain menjadi penghangat untuk tubuh. jahe juga bermanfaat untuk mengatasi morning sickness (mual) saat hamil.

d. Hindari Makanan Pemicu Mual

Biasanya ibu hamil mempunyai tingkat penciuman dan perasa lebih tinggi. Bau tertentu akan menyebabkan ibu hamil merasa mual. Jadi, usahakan untuk tidak melihat bahkan mengkonsumsi makanan tersebut.

e. Menghirup Aromaterapi

Saat rasa mual datang, tetesi tisu dengan beberapa tetes minyak esensial aromaterapi lemon atau jeruk mandarin, hiruplah tisu tersebut untuk meringankan rasa mual.

Untuk memilih aromaterapi lainnya, Anda perlu berkonsultasi dengan pakar arometerapi karena ada beberapa aroma yang sangat tidak dianjurkan untuk perempuan hamil, bahkan bisa membahayakan janin.

Inilah beberapa Cara Mengatasi Morning Sickness (Mual) Saat Hamil. Apabila mengalami mual yang berlebih sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Jangan pernah mencoba minum obat yang tidak dianjurkan oleh dokter karena akan membahayakan si calon bayi.

Leave a Comment