Pengertian dan Cara Menggunakan Athletic Tape

Athletic Tape – Siapa yang tak kenal dengan Cristiano Ronaldo? Bagi yang gemar sepak bola tentu sangat mengenalinya. Ia adalah seorang mantan pemain Manchester United yang saat ini bermain untuk klub Real Madrid. Ronaldo merupakan pemain yang handal dan memiliki teknik yang bagus.

cara menggunakan athletic tape
warungkita.net

Terkadang saat bermain sepak bola ia sering mengenakan sweatband. Yaitu kelengkapan olahraga yang berfungsi menyerap keringat.

Biasanya pemain sepak bola mengenakannya di dahi untuk mencegah jatuhnya keringat ke mata. Namun, hal ini berbeda untuk kasus si Ronaldo, ia malah menggunakanya di lengan.

Ada beberapa hal yang unik, terkadang pengunaan sweatband menurut sebagian orang agar terlihat keren. Namun ada juga menggunakannya hanya sekedar mengikuti idola saja.

Beberapa tahun belakangan  ini penggunaan  sweatband bagi sebagian atlet mulai ditinggalkan. Karena ada alat yang lebih baik lagi dari itu yakni athletic tape.

Athletic Tape adalah plester yang biasa digunakan oleh para atlet sebagai aksesoris saat pertandingan. Fungsi utama dari athletic tape yaitu mencegah cidera. Penggunaan athletic tape di tubuh bagian tertentu, akan membantu tubuh mendapatkan sokongan eksternal sehingga lebih kokoh.

Dengan alasan tersebutlah banyak para atlet menggunakan athletic tape setelah menderita cidera. Umumnya bagian yang cidera adalah bagian pergelangan tangan dan pergelangan kaki.

Bagi olahrgawan cidera adalah suatu hal yang merugikan karena hal ini bisa menyangkut karir dan prestasinya.

Cidera bisa menyangkut tiga hal diantaranya luka bakar, patah tulang dan memar.

Luka bakar ialah cidera yang disebabkan oleh sesuatu yang panas. Patah tulang adalah cidera yang diakibatkan dari benturan fisik.

Umumnya orang yang mengalami cidera ini terjadi pada para pembalap maupun olahragawan. Dan yang terakhir adalah memar yakni cidera yang terlihat warna kebiruan di area kulit.

Fungsi lain dari athletic tape yaitu  mampu  memulihkan kembali cidera lama dan mencegah timbulnya cidera yang baru.

Apabila kita telusuri lebih jauh, athletic tape ada beberapa model. Athletic tape yang dikenakan di bagian pergelangan tangan dikenal dengan istilah wrist tape.

Wrist tape dalam dunia sepak bola sangat jarang digunakan. Hal ini dikarenakan pemain sepak bola kecuali kiper  jarang  melibatkan pergelangan tangan dalam teknik permainanya.

Olahraga lain yang menggunakan athletic tape yaitu basket. Bagi pemain basket sekelas NBA mewajibkan atletnya untuk menggunakan athletic tape di bagian engkel dan jari – jemari.

Karena alat ini sangat berfungsi untuk mencegah terjadinya keseleo (ankle sprain). Namun perlu ditekankan penggunaan athletic tape bukan untuk gaya-gayaan.

Dimana sebagian orang mengira hal yang demikian. Akan tetapi ini murni untuk mengatasi cidera terutama di bagian angkel, lutut, wrist siku, jari-jemari dan bagian persendian lainnya.

Lantas Bagaimana Cara Menggunakan Athletic Tape?

Ada baiknya kita jelaskan terlebih dahulu spesifikasi dari athletic tape. Athletic tape terdiri dari beberapa varian warna dan ukuran. Yakni biru, hitam, putih dan pink dan berukuran 2,5 cm x 5 m dan 5 cm x 5 m.

Cara menggunakan athletic tape sangat mudah. Pertama, pastikan terlebih dahulu bahwa kulit yang dilapisi atau tempeli athletic tape sudah dalam kondisi bersih, yakni bersih dari noda minyak dan pasir.

Kedua, pastikan bahwa satu jam sebelum olahraga atau aktifitas fisik lainnya sudah menggunakan athletic tape. Hal ini bertujuan untuk menghindari keringat agar plester yang dikenakan dapat merekat kuat.

Ketiga, jangan gunakan athletic tape untuk pemakaian yang terlalu ketat. Hal ini bertujuan untuk menghindari iritasi kulit.

Keempat, apabila sudah melekat di kulit maka usap dengan tangan agar athletic tape dapat melekat dengan baik. Namun ingat jangan gunakan hairdryer.

Kelima, athletic tape bertahan selama tiga atau lima hari. Dan terakhir untuk pemula, usahakan kondisi kulit tidak dalam kondisi iritasi.

Leave a Comment