Jaket kulit memang menjadi fashion tersendiri bagi mereka yang suka dengan barang-barang fashion berbau kulit.

Biasanya jaket kulit ini dibuat dari kulit domba maupun sapi yang tentunya ada yang kulit asli ada yang kulit buatan.

Jika anda memiliki jaket kulit asli, tentunya butuh perawatan yang lebih sulit dari pada kulit buatan yang cenderung lebih mudah dibersihkan.

Jaket kulit memang tidak mudah dibersihkan, ada teknik nya sendiri dalam membersihkan jaket kulit.

Jaket kulit memang memiliki tingkat fashion yang tinggi karena bahan nya yang dibuat dari kulit hewan langsung.

Karena itulah jaket kulit kualitasnya bagus, jaket kulit tidak akan molor maupun rusak dengan begitu mudah tentunya.

Meskipun jaket kulit itu sangat bagus kualitasnya, tetapi setiap hal pasti memiliki kekurangan dan kelebihan nya masing-masing.

Jaket kulit ternyata juga memiliki kekurangan yang biasanya tidak dimiliki oleh jaket jenis lain nya.

Apakah itu? Jadi jaket kulit ini ternyata memiliki bau yang menonjol, jaket kulit yang masih baru biasanya memiliki bau khas karena bau melalui proses penyamakan.

Terkadang ada beberapa orang yang tidak suka dengan bau yang ditimbulkan oleh jaket kulit ini. Karena itulah anda yang tidak suka dengan bau jaket kulit perlu tahu bagaimana cara membersihkannya dengan benar.

Bahan kulit memang memiliki pori-pori sehingga aroma, keringat, asap kendaraan dan lain nya bisa menempel pada jaket kulit anda.

Nah, untuk itulah anda harus membersihkannya secara berkala, meskipun anda bukan ahli laundry, tidak ada salahnya untuk membersihkan jaket kulitnya sendiri.


Cara Menghilangkan Bau Jaket Kulit


Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana cara membersihkan bau jaket kulit yang mengganggu, yuk cek berikut ini:

1. Segera Keringkan Jika Basah

Image Source: bp.blogspot.com

Hal paling penting untuk menghindarkan jaket kulit anda dari bau adalah harus dihindarkan dari basah karena itu bisa membuatnya bau.

Jaket kulit itu harus disimpan di tempat yang kering dan tidak lembab, jika anda salah menyimpan nya, maka bisa bau jaket kulit anda.

Jika jaket kulit anda terkena air hujan misalnya, maka anda harus segera mengeringkan nya agar jaket kulit anda tidak bau.

Biasanya jaket kulit yang terkena air dan dibiarkan begitu saja dalam waktu beberapa lama akan membuat bau nya tidak enak.

Cara menghilangkan bau jaket kulit adalah dengan mengeringkan nya, cara mengeringkan nya sendiri adalah dengan menggunakan lap kering yang pastinya bersih.

Setelah itu anda bisa menjemur jaket anda di dalam ruangan yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Anda bisa menggantungnya di dekat jendela atau dibawah ventilasi cahaya, tetapi tidak dibawah sinar matahari langsung.

Jika anda melakukan nya, maka jaket kulit anda akan cepat retak, aus dan rompal sehingga jaket kulit tidak bisa bertahan lama.

Jika sedang terburu-buru misalnya, anda bisa menggunakan hair dryer untuk mengeringkan nya dengan suhu yang paling rendah tentunya.

Jangan menaruh mulut hair dryer terlalu dekat dengan jaket karena sama seperti sinar matahari, panas dari hair dryer juga akan membuat jaket kulit mudah retak.

2. Gunakan Pembersih Khusus

Cara menghilangkan bau jaket kulit yang bisa anda lakukan selanjutnya adalah dengan membersihkan nya dengan pembersih khusus.

Anda bisa menemukan produk seperti ini di toko-toko barang kulit, jaket kulit, di toko online hingga toko offline.

Bentuk pembersih jaket kulit ini juga bermacam-macam, tergantung anda membelinya yang seperti apa?

Bisa berbentuk cairan, gel, dan cream sehingga anda membutuhkan kain untuk menyekanya, nah, ternyata produk ini gunanya untuk melindungi warna asli jaket kulit, mengangkat bau dan melindunginya dari kerusakan.

3. Bersihkan Dengan Cuka

Image Source: klimg.com

Ternyata cuka tidak hanya menjadi bahan makanan saja, anda juga bisa menggunakannya untuk membersihkan jaket kulit.

Kandungan asam yang terdapat dalam cuka bisa menetralkan bau tidak sedap yang muncul dari jaket kulit anda tersebut.

Tetapi anda tidak bisa memakai sembarang cuka, karena yang bisa dipakai adalah cuka pitih saja dan cuka apel.

Jadi jangan sampai salah beli cuka ya, karena cuka yang salah akan berakibat buruk terhadap jaket kulit anda.

Cara menghilangkan bau jaket kulit dengan cuka adalah dengan melarutkan cuk dengan air menggunakan perbandingan 1:1.

Lalu ambil sedikit larutan tersebut dan coba pada bagian dalam jaket anda yang terasa bau. Untuk mengantisipasi jika larutan nya tidak cocok dengan jaket kulit anda, sebaiknya lakukan tes di sebagai kecil lebih dulu.

Jika tidak terjadi perubahan warna atau retak kulit. Anda bisa melanjutkan proses pembersihan nya dengan larutan cuka ini.

Anda bisa menempatkan larutan spray di mangkuk, jika aroma tidak sedap pada jaket benar-benar kuat, coba untuk membasahi seluruh permukaan jaket dengan larutan cuka itu.

Biarkan selama 5 – 10 menit sebelum anda lap larutan cuka tersebut.

4. Soda Kue

Image Source: tstatic.net

Cara menghilangkan bau jaket kulit selanjutnya adalah dengan menggunakan soda kue yang pastinya hampir mudah sekali untuk dilakukan.

Anda hanya perlu melarutkan soda kue dengan air atau bisa juga membalurkan soda kue langsung pada jaket kulit.

Soda kue sendiri mengandung bahan-bahan yang bisa menyerap bau yang tidak sedap, dan tentunya soda kue sangat aman digunakan pada jaket kulit.

Karena itulah anda bisa menggunakan nya secara leluasa untuk membersihkan jaket kulit dari bau.

5. Beri Pelembab

Bukan hanya kulit manusia saja yang butuh pelembab, ternyata jaket kulit juga butuh pelembab sama seperti kulit manusia.

Jadi agar jaket kulit anda tidak bau, sebaiknya anda memberikan pelembab setiap kali selesai membersihkannya agar tidak bau.

Pelembab ini bisa membantu jaket kulit anda tidak bau lagi, warnanya juga akan terpelihara dengan baik, bahkan jaket kulit akan lebih mengkilap.

Anda bisa menggunakan flaxseed oil maupun semir sepatu untuk melembabkan nya.

6. Bersihkan Oleh Profesional

Cara menghilangkan bau jaket kulit yang terakhir adalah dengan membawanya kepada sang ahli jaket kulit.

Biasanya ada orang yang membuka jasa pembersih jaket kulit, yang pastinya sudah mahir untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul pada jaket kulit.

Jika anda tidak bisa, sebaiknya anda melakukan langkah terakhir ini, karena memang laundry khusus jaket kulit akan lebih membantu.

Meskipun harganya biasanya akan lebih mahal dari pada bahan lain nya, tetapi jaket kulit anda akan aman.

Jika anda tidak ingin jaket kulit anda rusak, bau maupun mengalami kelembaban, sebaiknya anda simpan jaket kulit anda dalam lemari.

Tambahan silica gel ke dalamnya agar ia tidak lembab, karena fungsi dari silica gel ini adalah untuk membuatnya tetap kering sepanjang waktu.

Ada banyak tempat jual silica gel yang bisa anda temukan secara offline maupun online, biasanya saat membeli jaket atau sepatu anda akan mendapatkannya.

Terkadang ada yang tidak paham apa fungsinya, jadi mulai sekarang anda harus menaruh silica gel tersebut bersama jaket kulit anda, terima kasih.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.