Inilah 2 Cara Ampuh Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Cara Menjaga Kesehatan Mata Ada beberapa cara untuk menjaga agar mata selalu sehat. Namun, meski kebanyakan orang telah memahaminya dengan baik, tetap saja tidak banyak orang yang tidak melakukan cara sehat itu.

Repotnya, di zaman modern ini yang namanya televisi, komputer, atau game konsol, sudah menyebar ke pelosok dunia. Sehingga semakin banyak saja orang yang harus mengenakan kacamata di usia sangat belia.

Dalam artikel ini akan dituliskan beberapa cara untuk menjaga agar mata selalu sehat. Semoga saja, hati Anda yang membacanya bisa tergugah untuk melakukan hal-hal tersebut.

Mata yang sehat sampai usia tua, tentu adalah keinginan semua orang bukan?

Cara Menjaga Kesehatan Mata

1. Konsumsi Makanan yang Baik untuk Mata Secara Rutin

Dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk mata, maka Anda sudah mengurangi resiko terkena penyakit mata.

Gizi yang baik untuk mata adalah vitamin A, E, C, dan betakaroten. Zat gizi tersebut cukup banyak, dan tentu saja mudah didapatkan.

Makanan yang mengandung gizi “perawat” mata itu juga tidak mahal. Berikut ini adalah beberapa makanan-makanan yang sangat baik untuk mata. Masih banyak tentunya makanan yang dapat merawat mata Anda.

a. Wortel

Makanan kesukaan “Bugs Bunny” ini memang sudah diketahui orang-orang sebagai salah satu makanan dengan gizi yang baik untuk merawat mata.

Bagaimana tidak? Wortel mengandung sangat banyak antioksidan betakaroten. Bila ingin mata Anda tetap sehat maka makanlah secara rutin sayuran yang satu ini.

b. Alpukat

Salah satu buah yang paling baik untuk merawat mata Anda adalah alpukat. Alpukat mengandung sangat banyak lutein yang diyakini dapat merawat kesehatan mata juga.

Selain itu, alpukat juga kaya akan vitamin A, C, dan E yang baik pula untuk mata.

c. Bayam

Makanan yang dipopulerkan ke seluruh dunia oleh “Popeye” ini kaya akan lutein dan betakaroten. Sehingga tentu saja bayam juga termasuk makanan yang dapat merawat mata Anda.

2. Hindari Melakukan Aktivitas yang Dapat Merusak Mata

a. Membaca buku dalam cahaya yang temaram/redup diyakini dapat merusak mata, karena indera penglihatan akan mengeluarkan semacam cairan bila keadaan kurang terang, sehingga mata cepat lelah.

b. Terus menerus menatap layar monitor juga dapat dipastikan merusak mata Anda. Nah, bagaimana jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda menatap monitor dalam waktu yang lama?

Jangan khawatir, usahakan setiap 5 menit fokuskan melihat sesuatu yang lebih jauh dari monitor selama beberapa detik. Itu akan membantu me-refresh mata Anda.

c. Jangan mengucek atau mengusap mata Anda terlalu kasar. Hal ini juga merupakan salah satu cara menjaga mata selalu sehat.

Kalau memang diperlukan, kuceklah mata dengan selembut mungkin. Selain itu, diketahui juga bahwa sinar UV dari matahari dapat merusak mata Anda.

Jadi gunakan kacamata hitam bila sinar matahari sangat terik.

Demikianlah cara menjaga kesehatan mata yang bisa Anda lakukan, agar kebugaran indera penglihatan selalu terjaga. Jika ada saran, kritik, atau tambahan, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Comment