Inilah 6 Cara Ampuh Merawat Rambut Bercabang dan Kering

Cara Merawat Rambut Cara merawat rambut bercabang dan kering sebenarnya bisa Anda lakukan sendiri dengan memakai bahan-bahan alami. Rambut merupakan mahkota bagi semua orang, terutama kaum hawa.

Kecantikan kaum hawa dapat disimbolkan dengan rambut sehat. Penampilan yang anda miliki akan semakin cantik karena aura anda terpancar dan membuat teman-teman senang kehadiran Anda.

Aura anda dapat terpancar dari rambut anda yang sehat dan terawat. Rambut sendiri memiliki perawatan khusus maupun umum. Perawatan rambut yang bersifat kimiawi akan menimbulkan beberapa masalah pada kesehatan rambut seperti rambut kering, bercabang, rontok dan juga berketombe.

Kebanyakan orang salah dalam melakukan perawatan rambut menggunakan cara yang instan untuk mendapatkan rambut yang diidamkan.

Namun cara merawat rambut agar tidak bercabang dengan instan malah akan membuat rambut anda semakin tidak sehat karena di dalamnya terdapat banyak bahan kimia.

Apa Penyebab Rambut Bercabang?

Semua wanita memiliki rambut bercabang dan hanya sedikit sekali wanita yang memiliki rambut tidak bercabang. Rambut bercabang dan kering itu dapat diakibatkan karena faktor usia, kurang nutrisi vitamin yang dibutuhkan oleh rambut, dampak dari penggunaan bahan-bahan kimiawi, sering terpapar sinar matahari, sering menggunakan hair dryer.

Selain itu rambut yang terlalu panjang akan menimbulkan gesekan antara rambu atau rambut dengan sisir. Rambut yang kering juga sangat riskan terhadap rambut bercabang.

Rambut bercabang juga akan memberikan rambut berkesan mengembang dan sangat kering yang mana akan sangat membuat pemiliknya tidak nyaman.

Cara Merawat Rambut Bercabang dan Kering

Cara merawat rambut bercabang dan kering secara alami sebenarnya dapat dilakukan dari hal-hal kecil seperti di bawah ini :

1. Gunakan Sisir Bergigi Jarang

Gunakanlah sisir yang tidak rapat atau bergigi jarang agar rambut tidak bercabang. Sisir yang rapat akan membuat gesekan kuat dan rambut akan menjadi panas dan akhirnya bercabang dan kering. Selain itu, jangan terlalu sering menyisir rambut. Hindari juga menyisir rambut saat rambut dalam keadaan basah.

2. Hindari penggunaan pengering rambut

Cara merawat rambut agar tidak bercabang juga dengan menghindari penggunaan pengering rambut. Pengering rambut akan memiliki suhu yang tinggi.

Rambut yang terkena pengering rambut akan mudah rapuh akibat dikeringkan secara paksa. Pengering rambut juga akan membuat kelembaban rambut anda berkurang sehingga rambut anda kan mudah bercabang.

3. Hindari Penggunaan Catok Rambut

Selain itu juga hindari penggunaan catok. Catok memiliki suhu yang tinggi sehingga akan membuat rambut menjadi sangat kering dan akan mudah patah ataupun bercabang.

Rambut akan mudah patah dan bercabang karena kelembaban rambut itu sendiri sudah mulai hilang karena terkena suhu yang terlalu panas.

4. Rajin Keramas

Cara merawat rambut agar tidak bercabang berikutnya adalah dengan berkeramas. Untuk memiliki rambut tidak bercabang sebaiknya saat anda keramas jangan anda gosok rambut anda.

Karena akan membuat rambut saling bergesekan. Setelah keramas pun jangan anda gosok rambut anda. Baiknya gunakanlah jari anda untuk merapikan rambut hingga kering secara alami dan gunakanlah sisir yang tidak rapat.

5. Hindari Berenang Terlalu Lama di Kolam Berenang Umum

Kolam berenang biasanya diberi kaporit dengan tujuan membersihkan air dari kuman. Hanya saja efek kaporit ini tidak baik bagi kulit dan rambut. Bagi anda yang hobi berenang, maka hindari terlalu lama berada di kolam berenang supaya rambut Anda tidak rusak.

6. Lakukan Perawatan dengan Menggunakan Masker Rambut Alami

Rambut sehat membutuhkan perawatan yang intensif. Anda harus menyediakan waktu yang cukup untuk melakukan treatment agar rambut Anda tidak rusak dengan menggunakan masker rambut alami.

Itulah beberapa cara merawat rambut bercabang dan kering secara alami yang dapat anda aplikasikan sehari hari sehingga rambut bercabang akan lenyap dari rambut anda. Semoga artikel kesehatan ini dapat memberi manfaat bagi pembaca Manfaat Alami.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.