Ciri-ciri dan 6 Manfaat Kunyit Putih yang Luar Biasa

Manfaat Kunyit Putih Kunyit putih sejak dulu memang dikenal sebagai tanaman rempah-rempah yang sangat kaya akan manfaat, selain sering digunakan untuk bumbu masak, kunyit putih juga dikenal sebagai bahan untuk membuat jamu tradisional maupun sebagai produk kosmetik kecantikan.

Manfaat kunyit putih memang tidak bisa diragukan lagi, bahkan banyak para ahli yang menyatakan kunyit putih ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti kanker dan juga tumor.

Kunyit putih merupakan salah satu tanaman semak yang dapat hidup bertahun-tahun, kebanyakan tanaman ini akan hidup subur pada sebuah lahan yang memiliki banyak ketersediaan air dan pada udara yang terbuka.

Ciri-ciri Kunyit Putih

Untuk bentuknya sendiri menyerupai tanaman jahe dengan bintik-bintik yang terletak pada bagian umbi. Sedangkan untuk bagian luar tanaman ini memiliki warna krem atau kuning muda, namun jika dikupas kunyit putih akan berubah warna menjadi kuning agak keputihan.

Berikut beberapa ciri-ciri yang ada pada tanaman kunyit putih:

  • Mempunyai bitik-bintik seperti umbi pada jahe
  • Berdaun tunggal dan memiliki tangkai yang panjang
  • Mempunyai daun hijau bergaris dengan warna ungu agak kemerahan sedangkan pada bagian bawah hijau mengkilap dan terdapat bunga merah putih
  • Terdapat rimpang putih dengan hati kuning muda
  • Terdapat buah dengan bentuk bundar dan pada bagian kulit memiliki teksture tipis dan lunak
  • Memiliki bentuk jorong cenderung agak bulat dengan rimpangan cbang utama dan cabang tumbuh kesamping dan memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding rimpang induk
  • Memilii aroma seperti mangga kweni
  • Memiliki biji dengan bentuk lonjong, pada bagian ujung berwarna puith, serta berselaput
  • Dapat dibudidayakan dengan rimpang dan biji

Khasiat Dan Manfaat Kunyit Putih

Mungkin selama ini anda hanya mengetahui kunyit yang sering digunakan untuk bumbu dapur, sedikit berbeda dengan kunyit pada umumnya, kunyit putih sering dijadikan sebagai bahan untuk pengobatan karena memang kandungannya yang sangat banyak. Berikut beberapa manfaat kunyit putih yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

1. Mencegah Penyakit Kanker Payudara

Kunyit putih juga sering digunakan untuk melakukan pencegahan pada penyakit kanker payudara, caranya cukup mudah : anda bisa membersihkan terlebih dahulu kunyit putih dan keladi putih, potong menjadi beberapa bagian lebih kecil kemudian rebus menggunakan air sebanyak 4 gelas, tunggu hingga mendidih dan sampai air tersisa 2 gelas.

2. Mengobati Penyakit Maag

Seperti yang kita tahu penyakit maag timbul karena kebiasaan pola makan yang tidak teratur, selain itu biasanya penyakit ini timbul karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan asam lambung yang tinggi.

Untuk anda yang mengidap penyakit maag anda bisa mengambil manfaat kuyit putih untuk pengobatan. Untuk caranya anda bisa mencari kunyit putih lalu bersihkan dan rebus menggunakan 4 gelas air putih dan tunggu sampai tersisa 2 gelas. Setelah itu minum secara rutin 2x sehari

3. Menurunkan Gula Darah

Kunyit putih dapat digunakan untuk mengatasi gula darah yang berlebih. Telah kita ketahui jika gula berlebih dalam tubuh dapat menyebabkan diabetes, dan penyakit ini juga bisa disebabkan karena keturunan, oleh karena itu menkonsumsi ramuan kunyit putih secara rutin dapat mengatasinya.

4. Menyembuhkan Sakit Perut

Bagi anda yang sedang menjalankan program diet, anda bisa mengkonsumsi kunyit putih karena mampu menurunkan berat badan

5. Manfaat Kunyit Putih untuk Penyegaran pada Kulit

6. Mampu Mengatasi Masuk Angin

Selain ulasan tentang khasiat kunyit putih tersebut, tanaman rimpang yang satu ini juga masih memiliki banyak kelebihan lain yang harus anda kaji lebih dalam.

Jika anda berminat untuk mengkonsumsi tanaman herbal, anda dapat menanam kunyit putih di taman rumah dan mengambil manfaat kunyit putih yang jarang sekali orang ketahui.

Sekian beberapa khasiat dan manfaat kunyit putih yang akan anda dapatkan jika anda rajin mengkonsumsinya, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.