Jual Telur Asin 100% Alami dengan Harga Murah

Jual Telur Asin – Kami menjual telur asin online yang gurih, lezat dan bergizi dengan harga murah bersahabat. Telur asin yang kami dibuat dengan menggunakan bahan yang 100% Alami seperti bata merah, garam dan beberapa resep rahasia lainnya.

***Untuk informasi selengkapnya bisa hubungi admin kami via 085755946040***

Telur asin merupakan produk olahan telur itik yang paling populer di Indonesia. Di daerah Sidoarjo, Cirebon, Tegal, dan Brebes banyak peternak atau koperasi itik yang membuat telur asin.

Cara Membuat Telur Asin

Bahan Yang Diperlukan:

  • Telur itik 1.000 butir
  • Garam 7 Kg
  • Abu gosok 5 Kg
  • Tanah halus yang tak berpasir 10 Kg
  • Air secukupnya

Cara Membuat:

  1. Bersihkan telur itik dari segala kotoran yang menempel.
  2. Buat adonan satu bagian garam ditambah dengan satu bagian abu gosok dan satu bagian tanah. Aduk hingga rata dan tambahkan air secukupnya.
  3. Masukkan telur ke dalam adonan tadi sampai tertutup rata.
  4. Usahakan adonan tetap lembap agar garam masuk ke dalam pori-pori telur.
  5. Biarkan beberapa hari, tergantung selera asin. Jika dibiarkan delapan hari, telur sudah terasa asin, tetapi kuning telurnya belum berminyak. Telur akan sempurna asin jika dibiarkan selama 12 – 15 hari, bagian kuningnya akan tampak berminyak setelah direbus.
  6. Bersihkan telur yang sudah diasinkan, kemudian rebus dalam panci atau kuali sampai matang atau sekitar dua jam. Angkat, tiriskan sampai dingin. Telur asin siap dikonsumsi.

Cara Pengawetan Telur Itik

Pengawetan telur dilakukan agar telur dapat disimpan lebih lama di dalam tempat penyimpanan. Berbagai cara pengawetan yang dapat dilakukan sebagai berikut.

1. Mengawetkan Telur Dengan Minyak Kelapa

Mengawetkan telur dengan minyak kelapa merupakan cara yang paling baik karena warna kulit telur dan rasanya tidak berubah. Caranya dengan memasak seperempat liter minyak kelapa sampai mendidih, lalu angkat dan dinginkan. Selanjutnya, celupkan 100 butir telur itik ke dalam minyak kelapa yang telah dingin, tiriskan, kemudian simpan di rak penyimpanan.

2. Mengawetkan Telur Dengan Garam Dapur

Mengawetkan telur dengan garam dapur dilakukan dengan cara membuat konsentrat garam 25-40%, kemudian rendam telur selama tiga minggu dalam larutan garam tadi. Dengan cara ini telur akan awet selama delapan minggu.

3. Merendam Telur Dalam Cairan Lilin

Pengawetan juga bisa dilakukan dengan cara merendam telur dalam cairan lilin. Tujuan perendaman ini adalah untuk menutupi pori-pori kulit telur sehingga bagian dalam telur tidak terkontaminasi bakteri yang menyebabkan pembusukan.

Cara Membuat Telur Pindang

Telur pindang merupakan salah satu hasil olahan telur itik yang cukup populer. Namun, daya tahan telur pindang lebih rendah dibandingkan dengan telur asin.

Telur asin bisa tahan disimpan selama enam minggu di dalam suhu ruang, tetapi telur pindang hanya tahan disimpan selama tiga hari di dalam suhu ruang. Berikut ini adalah cara membuat telur pindang:

Bahan Yang Diperlukan

  • Telur itik segar 100 butir
  • Bawang merah 4 siung
  • Kunyit 1 ibu jari
  • Daun salam 5 lembar
  • Serai 2 batang
  • Daun jambu biji 10 lembar
  • Garam secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • Air secukupnya

Cara Membuat:

  1. Haluskan bawang merah dan kunyit.
  2. Cuci telur hingga bersih, lalu masukkan ke dalam panci yang sudah berisi air.
  3. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, serai, salam, dan daun jambu biji, garam, dan gula merah.
  4. Rebus sampai telur itik matang.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.