Jenis, Ciri, Penyebab dan Cara Mengobati Keputihan

Jenis, Ciri, Penyebab dan Cara Mengobati Keputihan – Keputihan atau dengan Bahasa Lain Flour Albus merupakan sekresi vaginal pada wanita. Keputihan ini pada dasarnya dapat di golongkan menjadi dua golongan yaitu :

keputihan normal (Fisiologis) dan keputihan abnormal (patologis).

Keputihan fisiologis adalah keputihan yang biasa terjadi pada setiap bulan yang muncul menjelang mentruasi atau sesudah mentruasi dan pada masa subur.

Keputihan patologis adalah keputihan yang disebabkan oleh infeksi pada bagian dalam dan sekitar bibir vagina sehingga vagina terasa gatal dan perih. Infeksi vagina ini disebabkan oleh bakteri, jamur, virus dan parasit.

Apabila kita sedang keputihan rasanya gatal dan perih ketika buang air kecil. Makanya kebersihan organ intim wanita wajib dijaga dan di rawat dengan baik, karena untuk menghindari masalah-masalah kewanitaan seperti keputihan yang akan mengakibatkan fatal pada kewanitaan.

Jenis Keputihan Flour Albus dan Ciri-cirinya

1. Keputihan Normal (fisiologis)

Apabila anda mengalami keputihan ini jangan khawatir karena keputihan ini bertujuan untuk membersihkan dan melindungi daerah kewanitaan.

Ciri keputihan normal biasanya kita temukan cairan putih yang menempel pada bagian pakaian dalam dan keputihan ini tidak menyebabkan gatal pada vagina.

2. Keputihan Abnormal (patologis)

Keputihan ini haris kita waspadai karena keputihan ini menandakan kita memiliki masalah pada kewanitaan. Ciri keputihan ini di antaranya :

– keputihan berwarna kuning, kuning keabuan, kehijauan, kental, bau dan gatal yang disebabkan oleh infeksi jamur, bakteri, dan parasit.

– Keputihan berwarna kecoklatan ada bercak darah dan baunya busuk itu tandanya kanker, HIV, Herpes dan Candyloma.

Penyebab Keputihan Flour Albus

Faktor penyebab keputihan diantaranya :

  • Faktor kebersihan pada daerah vagina. Kebersihan pada daerah vagina harus kita perhatikan karena faktor kebersihan ini apabila tidak di jaga akan mengakibatkan kesalahan yang fatal dan akan mendatangkan berbagai macam penyakit diantaranya keputihan.
  • Banyak menggunakan obat – obatan, apabila kita mengkonsumsi obat – obatan dalam jangka panjang akan menyebabkan tidak seimbangnya hormonal. Contohnya misalnya mengkonsumsi alat kontrasepsi fil KB.
  • Kelelahan, terlalu lelah dalam bekerja akan mengakibatkan setres fikiran kita dan akan menyebabkan keputihan.
  • Sering menggaruk vagina, tanpa kita sadari kita sering melakukan hal semacam ini padahal gak boleh, karena akan mengakibatkan keputihan.
  • Kanker rahim yang ganas, apabila kita memiliki kanker seperti kanker rahim itu akan menyebabkan keputihan.

Pengobatan Keputihan Flour Albus

Pengobatan keputihan bisa dilakukan dengan cara menggunakan obat tradisional karena dengan menggunakan obat tradisional ini di anggap paling ampuh dan mudah kita lakukan. Macam – macam obat tradisonal keputihan Flour Albus diantaranya:

Sambiloto

Sambiloto dengan nama latin Andrographis paniculata, carannya : batang sambiloto di potong – potong kemudian cuci terlebih dahulu, setelah itu di rebus dengan air 1 liter diamkan hingga menjadi 2 gelas saja lalu diminum 3 kali sehari secara berturut-turut.

Kunyit

Kunyit, selain untuk bumbu masakan kunyit juga menjadi obat tradisional berbagai macam penyakit diantaranya keputihan. Caranya : sediakan kunyit kira2 20 gram, kupas dan cuci terlebih dahulu, rebus dengan air 1 liter diamkan hingga menjadi 1 gelas, kemudian bisa di tambahkan madu dan gula aren untuk penambah rasa. Konsumsilah 2 kali sehari insya allah akan menyembuhkan keputihan anda.

Daun Sirih

Daun sirih dengan nama latin Andrographis paniculata. Caranya : ambil daun sirih 20 lembar cuci terlebih dahulu kemudian rebus dengan air 1 liter selama 10 menit, setelah itu basuh vagina menggunakan air daun sirih tersebut dua kali sehari pagi dan sore.

Daun Jarak

Daun jarak dengan bahasa latin Jatropha Curcas, caranya : ambil beberapa lembar daun jarak cuci terlebih dahulu, kemudian tumbuk dan seduh dengan menggunakan air panas. Kemudian saring airnya dan gunakan airnya untuk membersihkan vagina 2 kali sehari secara rutin.

Biji Buah Mangga

Biji buah mangga, caranya : keringkan biji mangga tersebut, cuci dan giling agar menjadi lembut, tambahkan air sedikit aduk dan oleskan di dalam dan di luar vaginanya.

Leave a Comment