Inilah Jenis-jenis Plester Kinesio Tape yang Biasa Dipakai Oleh Atlet

Jenis Kinesio Tape Jenis Kinesio Tape yang umum dikenal mungkin hanya yang melingkar di bagian paha. Jenis ini biasa digunakan oleh para pemain Premier League.

Tetapi sebenarnya ada banyak sekali jenis kinesio tape yang beredar dan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari yang terletak di telapak kaki, pinggang dan bahu.

Berikut adalah beberapa macam tipe Kinesio Taping:

1. Groin Pre-Cut: Plester kinesio tape yang dipasang pada bagian dalam paha. Jenis kinesio tape ini umum digunakan oleh pesepeda, atlet beladiri, atlet rugbi dan pebulu tangkis.

2. Right Shoulder Pre-Cut: Kinesio tape jenis ini digunakan pada bagian bahu sampai lengan bagian atas. Plester ini umum digunakan oleh atlet bela diri, tenis dan pemain golf.

3. Full Knee Pre-Cut: Kinesio tape jenis ini dipasang melingkar dari daerah lutut sampai tulang kering. Kinesio tape jenis ini umum digunakan para pesepak bola, pemain tenis dan atlet rugbi. Pesepakbola terkenal Gareth Bale biasanya menggunakan kinesio tape jenis ini.

4. Calf and Arch Pre-cut: Kinesio tape jenis ini dipasang pada bagian betis bagian atas sampai ke telapak kaki. Plester ini biasa digunakan oleh atlet sepeda, pemain tenis, atlet rugbi dan pelari.

5. Hamstring Pre-Cut: Kinesio tape jenis ini ditempel pada paha bagian belakang atau hamstring. Plester ini biasanya digunakan oleh atlet lari, atlet rugbi, atlet sepeda dan para penggemar beladiri.

6. Wrist Pre-Cut: Kinesio Tape jenis ini biasanya digunakan di lengan bagian atas sampai telapak tangan. Kinesio tape jenis ini umum digunakan oleh para atlet tenis, pemain golf, perenang dan petinju.

7. Upper Knee Pre-Cut: Kinesio tape jenis ini penggunaannya hampir sama dengan Full Knee Pre Cut. Bedanya, plester ini ditempel melingkari lutut sampai paha bagian atas. Kinesio tape jenis ini biasanya digunakan oleh pemain tenis, pemain badminton, atlet rugbi dan pelari.

8. Hip Pre-Cut: Kinesio tape jenis ini biasanya dipasang pada paha bagian samping sampai pinggul. Kinesio tape jenis ini biasanya digunakan oleh atlet berkuda.

9. Lower Back Pre-Cut: Kinesio tape jenis ini ditempel pada punggung bagian bawah. Plester ini biasanya digunakan oleh pemain sepak bola dan atlet renang. Pesepak bola terkenal David Beckham menggunakan kinesio tape jenis ini.

10. Lymphatic Pre-Cut: Kinesio tape jenis ini ditempel pada paha bagian depan. Kinesio tape ini biasa digunakan oleh atlet renang, lari dan pesepak bola.

11. Postural Pre-Cut: kinesio tape jenis ini dipasang pada punggung bagian tengah. Tetapi pemakaiannya berbeda dengan Lower Back Pre-Cut yang dipasang melebar. Postural Pre-Cut dipasang hanya dengan dua garis plester. Biasanya plester ini digunakan oleh atlet sepeda, pesepak bola dan pelari.

12. Elbow Pre-Cut: Kinesio tape jenis ini dipasang pada siku. Plester ini biasanya digunakan oleh pesepak bola, perenang dan petinju.

Demikian beberapa jenis dari Kinesio Tape. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Leave a Comment