Inilah Jenis Latihan Fisik yang Bisa Anda Lakukan Sebelum Mendaki Gunung

Persiapan Fisik Sebelum Naik Gunung Menikmati pemandangan di puncak gunung memiliki sensasi yang sangat indah. Namun untuk menikmati keindahan itu, kita membutuhkan perjuangan yang sangat berat.

Perjalanan menuju puncak, tidak semudah yang anda bayangkan. Jalur yang menanjak, medan yang terjal, cuaca yang tidak menentu dan beban yang harus anda bawa.

Dan masih banyak lagi kemungkinan-kemungkinan terburuk lainnya yang kita tidak inginkan terjadi. Semua itu akan anda rasakan selama pendakian.

Olehnya itu, dibutuhkan kondisi fisik yang kuat, sebagai penunjang perjalanan anda. Dengan fisik yang kuat, InsyaAllah perjalanan kita akan terasa lebih lancar, dan kemungkinan-kemungkinan terburuk bisa di minimalisir. Sebaiknya persiapan fisik dilakukan jauh hari sebelum kita melakukan pendakian.

Untuk hasil yang maksimal, ada baiknya latihan fisik dilakukan secara rutin sebulan sebelum mendaki atau selambat-lambatnya 2 pekan sebelum berangkat. Untuk latihan fisik, ada beberapa jenis latihan yang bisa anda lakukan.

1. Melatih Otot Kaki

Perlu anda ingat, bahwa saat melakukan pendakian, kaki adalah bagian tubuh yang paling berat kerjanya. Olehnya itu, berikan porsi latihan yang lebih banyak dari bagian tubuh yang lain.

Untuk melatih otot kaki, ada beberapa latihan yang bisa anda lakukan. Jogging, bersepeda, atau lompat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan secara rutin dan tingkatkan porsi latihan setiap anda latihan.

2. Melatih Otot Tubuh Bagian Atas (Lengan, Punggung dan Pundak)

Selain kaki, bagian tubuh yang bekerja keras adalah bagian punggun, pundak dan lengan. Terutama jika anda membawa bekal dalam carrier.

Latihan yang bisa anda lakukan adalah push up, pull up dan angkat beban. Sebagaimana di atas, lakukan secara rutin dan tingkatkan porsi latihan setiap anda latihan.

3. Latihan Perenggangan Otot

Di sarankan selain melatih kekuatan otot agar juga tidak lupa melakukan perenggangan otot. Dengan melakukan perenggangan dapat melatih otot kita secara lentur, sehingga dapat mengurangi resiko cidera otot saat pendakian.

Kekuatan fisik adalah salah satu penunjang agar pendakian kita berjalan dengan lancar. Persiapan fisik adalah hal yang wajib dilakukan sebelum mendaki demi kelancaran pendakian.

Apakah anda seorang yang berpengalaman? Apalagi seorang pemula. Itu semua tidak menghilangkan keharusan latihan fisik. Selamat berlatih.

Leave a Comment