Inilah 8 Jenis Makanan Berlemak yang “TIDAK” Membuatmu Gemuk

Makanan Berlemak yang Tidak Membuatmu Gemuk Apa yang ada dalam pikiran Anda saat mendengar kata “lemak”? Kebanyakan dari Anda pasti menganggap bahwa lemak merupakan salah satu jenis kandungan yang mesti dihindari, karena sangat berisiko membuat seseorang jadi gemuk dan penyakitan.

Perlu anda ketahui, bahwa tidak seluruh jenis lemak mendatangkan kerugian bagi Anda. Seorang Ahli Gizi terkemuka di Inggris saja mengatakan kalau tubuh anda tidak ada asupan lemak, maka secara otomatis tubuh kehilangan beragam nutrisi penting, seperti vitamin A, D, E, dan segala jenis yang disebut dengan asam lemak esensial.

Dr Marilyn Glenville, seorang ahli bidang kesehatan reproduksi dari Inggris, mengatakan, asam lemak esensial sangat berguna bagi Anda dalam mencegah atau mengendalikan beragam penyakit, seperti; penyakit jantung, kanker, kekurangan sistem kekebalan tubuh, arthritis (radang pada persendian), penyakit kulit, PMS, dan gejala menopause.

Diberitakan Daily Mail pada Jumat (27/2/2015), Marilyn mengungkapkan apa saja jenis asupan yang kerap dihindari karena mengandung banyak lemak. Yang padahal, yang berlemak itu baik bagi tubuh;

1. Susu

Saat ini kebanyakan orang yang lebih memilih susu rendah lemak. Padahal, jelas Marilyn, dengan minum segelas susu yang mengandung lemak cukup tinggi akan membantu siapa pun yang ingin menurunkan berat badan.

Karena segelas susu berlemak, dapat membuat Anda kenyang lebih lama, dan hasil dari riset telah membuktikan bahwa sejumlah asam lemak di dalam produk susu mampu mengatur berat badan Anda.

2. Telur

Para peneliti mengatakan bahwa telur sebenarnya baik jika dikonsumsi sampai empat kali seminggu oleh Anda. Diet kolesterol tidak akan membuat kadar kolesterol di dalam tubuh Anda meningkat, karena Anda akan menemukan kebosanan dengan sendirinya.

3. Minyak zaitun

Minyak Zaitun memang baik bagi kesehatan, tentunya jika tidak salah kaprah dalam penggunaannya. Menjadikan Minyak zaitun digunakan sebagai topping di sayuran yang akan Anda santap akan mendatangkan keuntungan buat anda. Sebaliknya, anda akan mendapatkan kerugian bila menggunakan minyak zaitun untuk menggoreng.

Minyak zaitun tidak boleh dipanaskan, karena dapat menjadi karsinogenik (zat yang menyebabkan penyakit kanker) yang berbahaya bagi tubuh. Apabila anda ingin menggoreng makanan yang akan disantap, sebaiknya gunakanlah jenis minyak yang dihasilkan dari biji bunga matahari.

4. Daging merah

Semua itu tergantung dari mana daging merah itu berasal. Jika Anda mengonsumsi 100 gram daging merah sebanyak 3-4 kali dalam seminggu, maka akan baik-baik saja jika dagingnya berasal dari sapi yang diberi makan rumput diet.

5. Yogurt

Seperti halnya susu, kebanyakan orang pun memilih yogurt yang rendah lemak. Asal Anda tahu bahwa untuk menggantikan rasa lemak yang telah dihilangkan pada yogurt lendah lemak, maka digunakanlah gula dengan kadar banyak..

6. Jus buah

Banyak yang menyebutkan bahwa meminum jus buah itu bermanfaat bagi kesehatan. Kenyataannya adalah sebaliknya, jus buah tidak baik bagi tubuh Anda. Bahkan saat Anda sendiri yang membuatnya di rumah.

Proses ekstraksi cairan dari buah menyebabkan hilangnya serat yang mana semua manfaat dari buah terdapat di situ. Selain itu, kebanyakan jus buah yang ada saat ini mengandung banyak gula.

7. Cokelat

Cokelat amat baik bagi jantung, namun hanya dimiliki oleh orang-orang yang mengonsumsi cokelat dengan kandungan 70 persen kakao di dalamnya.

8. Mentega

Mangkonsumsi mentega dengan takaran yang lebih kecil itu lebih baik daripada Anda memilih margarin rendah lemak.

Demikian beberapa jenis makanan berlemak yang tidak membuatmu gemuk. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.