Inilah Cara Ampuh Mengetahui Batu Bacan yang Asli dan Palsu

Cara Mengetahui Perbedaan Batu Bacan Asli dan Palsu Demam batu akik di tanah air tidak dapat dipungkiri lagi mulai dari Sabang sampai ke Papua sudah menjadi trend bumming saat ini, akan tetapi awas di tengah berbagai macam batu akik yang asli seiring dengan itu banyak muncul batu akik palsu alias sintetis atau juga tiruan terutama pada batu dengan nilai jual yang tinggi.

Dari sinilah timbul permasalahan yang membuat celah penjual nakal untuk mendapatkan keuntungan besar karena seakan-akan batu akik itu asli. Tidak terkecuali untuk jenis batu bacan banyak bertebaran yang palsu.

Para kolektor yang berpengalaman dalam hal seluk beluk batu mudah membedakan batu asli dan palsu akan tetapi tidak berlaku untuk yang belum berpengalaman alias kolektor pemula karena terkadang terjadi kesulitan untuk membedakannya.

Ada tips yang cukup sederhana untuk melihat batu bacan asli dan palsu cara tersebut lebih praktis dan mudah sekali hanya menggunakan smartphone atau tablet terutama yang sudah menggunakan teknologi IPS untuk layar sentuhnya karena lebih peka san sensitif.

Permukaan batu bacan tersebut disentuhkan pada layer sentuh smartphone atau tablet untuk mebuka aplikasi dan mengeser aplikasi dengan ketentuan kalau terukan dan bergeser aplikasi pada gadget tersebut menunjukan kalau batu akik bacan tersebut asli.

Untuk lebih detail ada trik lain yang dapat dicoba agar lebih mengetahui batu bacan asli atau palsu dengan ciri-ciri di bawah ini:

  1. Goreskan batu bacan pada kaca kalau tingkat kekerasan batu mencapai 7 skala mohs akan mampu tergores kaca yang di jadikan uji coba.
  2. Menggunakan batu bacan dengan kaca pembesar dengan bantuan senter sebagai penerangan akan terlihat bercak atau gelombang denga catatan buka pecah dalam sementara untuk yang palsu akan terlihat mulus sekali.
  3. Cara lain yang dapat di coba dengan cara memanaskan menggunakan api maka akan keluar seperti minyak dan kalau di bersihakan kembali akan terlikat tetap mengkilap sedangkan yang paslu meninggalkan bekas kusam.

Sebagai informasi yang pasti penjelasan di atas bukan semata menjadi jaminan karena tidak menggunakan peralatan yang sudah teruji, kepastian yang mencapai 100% asli adalah menggunakan alat uji Diamond Selector sehingga kita tahu tingkat kerasnya batu bacan tersebut atau juga melakukan uji laboratorium.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.