Inilah 5 Kebiasaan Agar Gigi Anda Lebih Sehat

Kebiasaan Agar Gigi Anda Lebih Sehat – Mempunyai gigi yang sehat adalah kunci agar pencernaan sehat pula. Sebagai proses awal mencerna makanan, peran gigi sangat penting untuk melumatkan makanan dan membuat makanan lebih mudah dicerna lambung. Untuk itu kesehatan gigi harus Anda perhatikan.

Seperti bagian tubuh lain, jika tidak diperhatikan, gigi pun bisa bolong, rusak atau rapuh. Maka lakukanlah kebiasaan-kebiasaan ini agar gigi tetap sehat dan kuat lebih lama, seperti dikutip dari geniusbeauty,com berikut ini:

1. Hindari Makanan Panas bersamaan Minuman Dingin

Satu dari kebiasaan orang Indonesia adalah menikmati makanan panas dan minuman dingin bersamaan. Contohnya makan bakso dengan minum es kelapa muda.

Panas dan dingin yang terkena gigi secara cepat akan membuat gigi lebih rapuh dan mudah retak. Untuk itu hindari kebiasaan makan panas dan minum dingin dalam waktu yang berdekatan.

2. Kurangi Makanan Keras

Jika Anda terlalu sering mengonsumsi makanan yang keras maka gigi dapat terkikis. Makanan yang terlalu keras ini dapat mengancam dan merusak enamel gigi, sehingga lama kelamaan akan merusak gigi secara keseluruhan.

Ketika menginjak Usia 25 tahun ke atas adalah usia tubuh mulai kekurangan kalsium, karenanya perhatikanlah makanan Anda.

3. Berhenti Makan Permen

Tidak sedikit dokter menemukan masalah gigi seperti pembusukan di kalangan orang-orang yang menyukai makanan atau minuman manis, seperti coklat atau permen.

Hentikan makan permen dan gantilah dengan manis yang lebih alami, contohnya buah-buahan atau jus buah yang tidak diberi gula.

4. Cuci Gigi Dengan Sayuran

Seusai makan, maka Anda bisa mencuci mulut dan gigi dengan berbagai sayuran berserat tinggi. Contohnya seperti lobak, wortel, mentimun, dan apel dapat membersihkan gigi dengan cara alami. Selain tubuh mendapat nutrisi alami, juga gigi lebih sehat dan baik untuk mencegah sembelit.

5. Hindari Makanan atau Minuman Asam

Minuman atau makanan asam lama-kelamaan akan mengikis gigi. Untuk itu kurangi makanan atau minuman asam, seperti jus asam, kuah pempek, bahkan jeruk. Tunggulah 30 menit setelah mengonsumsi makanan asam, setelah itu baru sikat gigi Anda.

Itulah 5 kebiasaan mudah untuk menjaga gigi agar lebih sehat, semoga tips ini bisa membuat gigi Anda lebih sehat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.