4 Manfaat Luar Biasa Kencur Untuk Kesehatan

Khasiat Dan Manfaat Kencur Untuk Kesehatan Kencur merupakan salah satu jenis tanaman obat-obatan tradisional, kalau di Pulau Jawa sering kali disebut “empon-empon”.

Nama “kencur” sendiri di ambil dari bahasa Sansekerta yaitu “kachora” yang memiliki arti temu putih. Sedangkan nama latin dari kencur sendiri adalah Kaempferia galanga L.

Tanaman ini berasal dari kawasan Asia Tenggara dimana ia masih satu family dengan empon-empon (rimpang) lain seperti jahe, kunci, kunyit, temulawak, temu hitam,kunyit putih, temu giring, serta lengkuas.

Kencur bisa tumbuh subur di daerah pegunungan dengan kondisi tanah yang gembur.. artikel menarik lainnya Khasiat jeruk nipis.

Jangan heran apabila Anda berkunjung ke daerah pegunungan, semisal di Desa Ngrayun Ponorogo banyak masyarakat yang menanam tanaman obat-oatan tradisional.

Bahkan sudah sejak zaman dahulu kencur telah dikenal sebagai tanaman obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan menjaga stamina.

Bukan hanya sebagai tanaman obat-obatan tradisional saja, namun kncur juga bisa digunakan sebagai pelengkap bumbu dapur.

Di dalam kencur banyak sekali kandungan unsur yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan serta stamina tubuh, diantaranya adalah minyak atsiri, zat pati, asam cinnamic, sineol, mineral, pentadekaan, asam metal kanil, borneol, ethyl aster, paraeumarin, asam anisic, kamphene, gom, alkaloid, dan methanol.

Oleh sebab itulah banyak sekali manfaat kencur yang bisa Anda dapatkan jika mengkonsumsi kencur secara teratur. Pembahasan selanjutnya yaitu berkaitan dengan apa saja manfaat kencur yang bisa diperoleh. Supaya lebih jelasnya lagi, coba perhatikan ulasan di bawah ini:

Khasiat Dan Manfaat Kencur Untuk Kesehatan

1. Sebagai Obat Masuk Angin

Salah satu khasiat kencur yaitu sebagai obat masuk angin. Masuk angin bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Andaikan Anda saat ini mengalami masuk angin, segeralah untuk memanfaatkan kencur sebagai obatnya.

Caranya cukup mudah, pertama-tama ambillah satu rimpang kencur lalu cuci bersih. Makan kencur tadi dengan garam dapur, jangan lupa untuk minum air hangat setelah selesai mengunyahnya dan lakukan setiap dua kali dalam satu hari.

2. Membantu Dalam Mengontrol Kolesterol Tubuh

Manfaat kencur berikutnya yaitu mengontrol kolesterol tubuh. Kencur yang Anda konsumsi bisa meningkatkan aliran cairan empedu.

Cairan empedu yang dimaksud memiliki warna hijau dan pahit, dimana fungsinya yaitu menyerap zat yang ada di makanan dengan baik sehingga kadar kolesterol jahat di tubuh bisa dikontrol.

3. Mengobati Batuk

Bukan hanya sebagai obat masuk angin dan juga untuk mengontrol kolesterol saja, ternyata manfaat kencur juga bisa digunakan untuk mengobati batuk yang belum parah.

Langkahnya cukup mudah, yaitu ambil beberapa ruas kencur cuci bersih dan kupas kulitnya baru kepudian diparut. Kemudian ambil air perasan dari kencur kira-kira 250 ml, tambah sedikit madu dan tetesan jeruk nipis. Minumlah ramuan ini tiga kali dalam sehari yaitu pagi, siang, dan malam.

4. Meningkatkan Stamina Tubuh

Manfaat kencur yang lainnya selain digunakan sebagai obat, bisa juga untuk meningkatkan stamina tubuh. Dengan adanya tuntutan pekerjaan yang semakin padat, menjaga stamina tubuh itu sangatlah penting agar badan selalu fit dan tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Untuk meningkatkan stamina tubuh, biasanya kencur dirubah menjadi sebuah minuman berupa beras kencur. Minumlah beras kencur ini sebelum tidur secara teratur agar pegal-pegal yang Anda alami akan berkurang, serta mengembalikan stamina tubuh Anda setelah seharian terkuras.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat kencur yang bisa kita dapatkan jika mengkonsumsinya secara rutin baik secara langsung, di buat minuman atau dijadikan sebagai bumbu masakan.

Sekian khasiat manfaat kencur yang biasa anda jumpai dalam keseharian. Semoga informasi ini bisa memberikan tambahan ilmu dan juga bermanfaat bagi pembaca.

Leave a Comment