Inilah Kinesio Tape, Plester Ajaib Andalan Para Atlet

Kinesio Tape – Kinesio Taping atau yang memiliki sebutan lain Elastic Therapeutic Taping (ETT) ialah sejenis plester yang direkatkan ke anggota badan. Secara umum tujuannya adalah untuk memaksimalkan kinerja otot dan mencegah cedera.

Dr. Kenzo Kase-lah yang menmukan kinesio taping pertama kali. Tepatnya yaitu pada tahun 70-an. Pada awal masa kemunculannya tak jarang kinesio tapping dimanfaatkan sebagai terapi akupuntur. Sejalan dengan perkembangan zaman, plester ini mulai dipakai dalam olah raga.

Plester kinesio dibuat dari bahan tertentu yang begitu elastis. Keelestisan terseebut sebagaimana katun & acrylic adhesive back. Kinesio tap umumnya memiliki desain seperti permukaan ular.

Tak hanya masalah desain, plester ini cukup lengket di badan pegguna sehingga sukar terlepas. Kinesio taping ini pun begitu fleksibel serta dapat dipakai di sebagian besar bagian dari badan yang memungkinkan kita agat bisa melakukan gerakan penuh.

Tugas utama dari plester ini ialah untuk menciptakan elastisitas yang lebih kuat bagi kekejangan otot. Di samping itu kinesio tape juga berfungsi mendukung otot dan melindungi sel darah. Beberapa subjek penelitian juga telah memakai plester ini agar mencegah peluang cedera dikarenakan kelelahan dan kejang pada otot.

Sebagian expert dalam fisiologi olahraga seperti Dr Stewart Bruce-Low pun mengakui bahwasannya penggunaan plester ini bisa menaikan kekuatan dengan cara memperkecil energi yang yang terbuang ketika melakukan pergerakan.

Barang ini, kinesio tape, bukanlah barang dilarang dan ilegal dalam dunia olahraga karena memang tak melawan aturan. Ada beberapa olahragawan dan atlet yang tercatat memakainya di pertandingan mereka seperti Gareth Bale, David Beckham, Venus William, Lance Armstrong, dan banyak lainnya.

Kinesio Tape menciptakan stabilitas sendi serta otot dan dorongan tanpa mempengaruhi pergerakan tubuh (mis, membatasi ruang gerak tubuh karena plester yang melekat). Manfaat ini pun digunakan untuk Edema, Preventive Maintenance, dan mengatasi rasa sakit (hurt/pain).

Kinesio Taping ialah solusi yang didasarkan pada kemampuan pemyembuhan diri sendiri (self-healing). Kinesio Taping tersebut memperlihatkan efektivitasnya dengan aktivasi peredaran darah dan sistem saraf. Teknik ini sebenarnya berasal dari ilmu kinesiologi.

Oleh karena itu namanya adalah “Kinesio”. Otot tak cuma berfungsi dalam pergerakan tubuh, tapi juga mengendalikan aliran getah bening dan arus vena, suhu tubuh, dan lain-lain. Sehingga, keabnormalan pada otot bisa menyebakan komplikasi..

Oleh karena itu, banyak perhatian dicurahkan pada pentingnya fungsi otot dan ide untuk mengobatinya. Maka muncullah ide untuk mengaktivasi proses penyembuhan sendiri (self-healing). Ditemukan bahwa pemeliharaan dan pengobata otot dan jaringan lainnya bisa dibantu dari luar, salah satunya dengan stiker elastis.

Kinesio Taping bekerja dengan pendekatan yang baru untuk mengatasi gangguan otot, saraf, dan organ. Pemanfaatan pertama kali dari Kinesio Taping ialah teradap pasien penderita gangguan artikular.

Dalam sepuluh tahun pertama yang banyak memakai kinesio tape adalah ahli tulang, ahli akupunktur, orthopedists, dan praktisi medis lain. Tak lama setelah itu, Kinesio Taping dipakai oleh para atlet voli olimpiade Jepang, lalu dengan segera menyebar ke atlet lain di seluruh dunia. Pada hari ini, Kinesio Taping digunakan oleh praktisi medis dan atlet di seluruh dunia.

Metode kinesio tape ditempelkan di atas otot-otot untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit, merilekskan otot yang terlalu lelah, dan untuk memperkuat otot-otot ketika bergerak non-stop.

Bagi anda, baik masyarakat umum maupun atlet yang ingin terapi atau sekedar memakai kinesio tape untuk pencegahan, maka anda bisa mencarinya di sebagian toko baik online maupun offline. Atau bisa langsung ke warungkita punya masirul.

1 thought on “Inilah Kinesio Tape, Plester Ajaib Andalan Para Atlet

Leave a Comment