Inilah 5 Makanan Penyubur Sperma Pada Pria

Makanan Penyubur Sperma  – Sebagaiamana kita ketahui, proses terjadinya manusia secara alamiah adalah dimulai dengan adanya proses reproduksi.

Di mana seluruh sistem reproduksi pria pada prosesnya memiliki 1 tujuan utama, yaitu membuahi sel telur wanita. Sistem reproduksi pria pada kenyataannya sangat berhubungan sekali dengan sistem lain dalam tubuh.

Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh agar sistem reproduksi tetap berjalan normal. Yaitu, dengan rajin berolahraga serta mengkonsumsi makanan yang sehat seperti sayuran dan buah-buahan.

Bicara mengenai makanan sehat, ternyata ada makanan yang memang salah satu khasiatnya adalah membantu menyuburkan sperma.

Seorang ahli nutrisi yang juga penasihat di American Council for Fitness and Nutrition, Dr. Keith-Thomas Ayoob, seperti yang dberitakan oleh Revolution Health, mengungkapkan bahwa untuk mencegah terjadinya ejakulasi dini kunci utamanya adalah sirkulasi darah yang lancar. Karena itu dianjurkan mengkonsumsi makanan yang baik untuk jantung, sehingga aliran darah pun tetap lancar.

“Intinya adalah tetap menjaga aliran darah. Untuk melakukannya, sorang pria tekanan darahnya harus rendah dan arteri tidak tersumbat,” imbuhnya.

Kemudian apa saja makanan yang sangat bagus untuk jantung dan menjadikan aliran darah tetap lancar sehingga tubuh mampu menghasilkan sperma yang sehat? Berikut beberapa di antaranya:

1. Yoghurt

Yoghurt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Baik susu maupun yoghurt keduanya sama-sama mengandung banyak kalsium dan potassium. Dua kandungan tersebut dapat menjaga tekanan darah tetap normal dan menyebabkab aliran darah di arteri lebih lancar.

Ayoob menyarankan untuk mengkonsumsi susu rendah lemak. “Apabila tekanan darah terlalu rendah, sperma yang diproduksi pun tidak kuat,” ungkapnya. “Kalaupun sperma itu berenang dengan baik, tapi dia tidak akan bisa sampai ke mana-mana”, imbuhnya.

2. Salmon

Jenis ikan laut ini kaya akan omega 3, yang salah satu manfaatnya menurunkan kadar kolesterol (buruk) yang tinggi dalam tubuh. Salmon juga diperkaya akan protein yang bukan saja membuat sperma kuat, tapi juga membuat sperma mampu berenang dengan gesit.

3. Semangka

Buah yang berwarna merah atau kuning dengan kandungan air yang tinggi ini ternyata menyimpan banyak manfaat, seperti melancarkan peredadaran darah dan meperbaiki kualitas sperma.

Semangka juga sangat baik untuk membuat sperma tangguh saat berenang. Ungkap Ayoob, buah tersebut banyak mengandung potasium, yang bisa mencegah tekanan darah tinggi.

Bagi kesehatan secara umum, semangka merupakan salah satu buah yang mengandung likopen (lycopane) yang cukup sebagai anti-oksidan untuk melawan kanker

4. Tomat

Sperti halnya semangka dan buah lainnya yang berwarna merah, tomat pun banyak mengandung likopen, yang artinya kaya antioksidan. Likopen telah terbukti mampu meningkatkan kesehatan prostat.

Sebuah riset menunjukkan likopen bisa mengurangi risko penyakit kanker prostat. “Sperma yang kuat bisa dihasilkan bila prostatnya sehat ,” Ayoob menjelaskan.

5. Kacang-kacangan

“Kacang-kacangan diperkaya banyak mineral,” ungkap Ayoob. Kandungan yang ada di dalam kacang-kacangan dapat mencegah naiknya gula darah. Selain itu, kacang-kacangan juga sangat ampuh menurunkan kadar kolesterol.

Dengan rutin mengkonsumsi kacang-kacangan bisa menurunkan 8-10%. Seorang pria pun bisa menghasilkan sperma yang sehat apabila kadar kolesterol dalam tubuhnya normal.

Sebaliknya, jika kadar kolesterol tinggi, maka jumlah sperma yang dihasilkan cenderung rendah sehingga kemungkinannya kecil untuk bisa membuahi.

Demikian beberapa Makanan yang dapat membuat sperma laki-laki menjadi subur. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.