6 Manfaat Luar Biasa Air Kelapa Untuk Kesehatan

Manfaat Air Kelapa Air kelapa merupakan minuman yang memberikan kesegaran serta membantu tubuh Anda tetap terhidrasi.

Manfaat air kelapa ini dapat Anda peroleh dengan menikmati kesegaran airnya baik secara langsung ataupun dicampur dengan bahan-bahan minuman lain. Air kelapa mempunyai nutrisi dan elektrolit yang seimbang sama halnya dengan darah.

Selain itu rasa dari air kelapa yang segar juga begitu nikmat untuk dikonsumsi baik bagi anak-anak, remaja, dewasa, ibu hamil, dan juga orang tua. Ingin tahu kebaikan apa saja yang bisa didapat dari air kelapa muda? Simak terus artikel berikut.

Manfaat Air Kelapa Muda

1. Mengandung Elektrolit Alami

Air kelapa muda merupakan cairan alami yang mengandung kalsium, kalium, klorida, elektrolit, magnesium, sodium, dan riboflavin.

Karena kandungan elektrolit alaminya ini, manfaat air kelapa dapat membantu mencegah dehidrasi dan mampu memulihkan stamina tubuh secara cepat.

Seorang yang memiliki aktivitas tinggi pastinya memerlukan asupan air lebih banyak dibandingkan orang lain yang berada pada keadaan normal sehingga kerap kali mengalami dehidrasi. Nah, agar bisa tetap menjalani aktivitas maka anda bisa mengkonsumsi air kelapa muda.

2. Mempunyai Diuretik Alami

Air kelapa mempunyai fungsi sebagai diuretik alami yang dapat memperlancar proses pembuangan urin dan membantu membersihkan saluran kemih.

3. Sebagai Anti Penyakit

Manfaat air kelapa lainnya adalah menjaga kesehatan anda dari bahaya virus seperti herpes, protozoa giaria lamblia, serta bakteri.

Hal ini disebabkan adanya asam larut pada air kelapa yang memiliki kemiripan karakteristik dengan asam larut pada ASI yang mampu melawan berbagai penyakit.

4. Membantu Pencernaan

Air kelapa mampu mencegah terjadinya peradangan masalah asam lambung, Hal ini terjadi karena kandungan air kelapa yang disebut asam laurat sehingga bisa menyembuhkan dari segala gangguan masalah pencernaan.

5. Membantu Meningkatkan HDL

Khasiat air kelapa juga akan membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik) untuk mencegah munculnya penyakit akibat penyumbatan kolesterol jahat dalam darah.

6. Mengatasi Kerontokan Rambut

Jarang orang yang tahu bahwa mengonsumsi air kelapa muda bisa menghindarkan dari kerontokan rambut. Nah, kandungan air kelapa ternyata mempunyai fungsi yaitu meningkatkan sirkulasi dalam darah sehingga nutrisi dari tubuh bisa menyebar secara rata hingga kulit kepala.

Tips Menkonsumsi Air Kelapa

Meskipun manfaat air kelapa telah banyak dibuktikan melalui banyak penelitian dan terbukti memiliki kandungan zat dan elektrolit yang baik bagi kesehatan namun juga harus memperhatikan batasan konsumsi secara wajar.

Berikut ini disajikan beberapa tips bagi Anda saat mengkonsumsi air kelapa:

  • Untuk dewasa konsumsi satu hingga dua gelas air kelapa pada pagi atau siang hari
  • Sebaiknya tidak memberikan air kelapa pada bayi, jika hendak memberikannya pada bayi konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu
  • Sebaiknya tidak meminum air kelapa pada malam hari sebelum tidur sebab dapat mengakibatkan adanya kemungkinan penimbunan glukosa
  • Tidak mengkonsumsi air kelapa setiap hari dengan takaran berlebih karena di dalam air kelapa juga terkandung kalori

Demikian tadi berbagai ulasan mengenai manfaat dan khasiat air kelapa beserta tips meminum air kelapa secara tepat. Jadi pada dasarnya manfaat air kelapa akan sangat optimal jika dikonsumsi secara benar dan akan mampu mencegah dehidrasi pada tubuh Anda.

Leave a Comment