Inilah Manfaat Luar Biasa Bawang Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan – Kebanyakan orang mungkin hanya tahu, bahwa manfaat dari bawang merah ini hanya untuk bumbu dapur saja, padahal apabila kita teliti dengan baik ternyata manfaat dari bawang merah ini dapat dijadikan obat penurun panas dan menjaga kadar kolesterol.

Nama Lokal Bawang Merah: Bawang abang mirah (Aceh), pia (Batak) : bawang abang (Palembang): bawang sirah, barambang sirah, dasun merah (Minangkabau); Bawang suluh (Lambpung); bawang beureum (Sunda); brambang (Jawa); Bhabang mera (Madura) ; jasun bang, jasun mirah (Bali); lasuna mahamu, ransuna mahedeng, yantuna mopura, dansuna rundang, lasuna randang, lansuna mea, lansuna Raindang (Sulawesi Utara); bawangi (Gorontalo), laisuna pilas, laisuna mpilas (Roti), kalpeo meh (Timor); bowang wulwul (Kai), kosai miha; bawa rohiha (Ternate); bawa kahori (Tidore).

Nama Latin : Allium cepa

Nama Asing : Orion (Inggris)

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Sejak zaman dahulu parutan bawang merah dicampur dalam minyak biasa dibalurkan pada tubuh untuk menurunkan panas tinggi. Konsumsi secara teratur dipercaya bisa menjaga kolesterol dalam batas normal.

Itulah sebabnya hidangan berbahan dasar daging seperti sate disajikan dengan herbal bawang merah ini.

Senyawa Aktif

Aliin (Alkilsitin Sulphoksida), minyak atsiri, fruktosan (poliskarida10-40%), sukrosa dan gula lin, flavonoid. dan masih banyak senyawa aktif lain yang terkandung dalam bawang merah ini.

Berikut Ini Adalah Bukti Ilmiah

Antikarsigenik

Bawang merah berpotensi memblokir kehadiran senyawa karsinogenik, zat pencetus kanker. Senyawa organosulfur dalam umbi kemungkinan besar berperan aktif sebagai zat kemopreventif pada sel kanker.

Antidiabetes Dan Hipokolesterol

Dengan bantuan enzim alinase senyawa sistein dalam bawang merah akan berubah menjadi thisulfinat dan polysulfida. Kedua bahan ini eksis sebagai minyak di dalam umbi dan dikenal memiliki aktivitas antidiabetes, hipoglikemik, dan hipokolesterol.

Hepatoprotektor

Bawang merah juga memiliki khasiat melindungi hati. Sebuah penelitian menguji efek protektif bawang merah pada kerusakan hati akibat karbon tetraklorida.

Dari hasil penelitian tersebut, ternyata bawang merah menghambat peningkatan GPT plasma dan kerusakan jaringan hati akibat CC14.

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment