Inilah Manfaat Cabe Jawa Untuk Kesehatan

Manfaat Cabe Jawa Sebelum membahas tentang Apa Manfaat Cabe Jawa ? Kita simak dahulu dari mana dan apa nama-nama lain dari cabe jawa tersebut.

Nama lokal : Cabesn, cabe alas, cabe jawa, cabe sula (Jawa); Cabhi jhamo, cabe ongghu, cabe solah (Madura); ada panjang, cabai jawa, cabai panjang (Sumatera); cabia (Makasar).

Nama Latin : Piper retrofractum.

Nama Asing : Long pepper (Inggris)

Bagian Yang Digunakan Untuk Herbal Diantaranya yaitu : Buah, namun ada juga yang menggunakan akar dan daunnya.

Manfaat Cabe Jawa

Apa Manfaat Cabe Jawa ? Androgenik, stimulan, analgesik, dan karminatif. Cabe jawa adalah tanaman asli indonesia dan banyak ditanam di Jawa dan Sumatera.

Herbalis memakainya sebagai antipiretik, disentri, diare, lemah syahwat, tekanan darah rendah, influenza, batuk, migrain, sakit kuning, demam,. Pemakaian luar untuk encok dan param sesudah melahirkan.

Buahnya juga dimanfaatkan sebagai obat rematik, pegal linu, dan peluruh keringat. Akar cabe untuk obat sakit gigi dan membersihkan darah dalam rahim setelah melahirkan.

Penyakit lain yang bisa ditanggulangi : radang mulut, stroke, pencernaan terganggu, dan nyeri pinggang. Perempuan hamil dilarang mengkonsumsi ramuan dengan komposisi cabe jawa di dalamnya. Dalam farmakologi China disebut tumbuhan ini memiliki rasa pahit, pedas, dan hangat.

Senyawa Aktif Dari Cabe Jawa

Buah cabe jawa mengandung zat pedas piperine, resin (kavisin), asam palmitik, 1-undecylenyl-3,4methyllenedioxy benzene, piperidin, minyak atsiri, dan sesamin. Senyawa lain piperidina, asam palmita, asam tetrahidropiperat, N-isobutyl decatrans-2 trans-4 dienamida, eikosadienamida, eikopsatrienamida, guinensina, oktedekadienamida, protein, karbohidrat, gliserida, tanin, kariofelina.

Bukti Ilmiah Cabe Jawa

Androgenik => istilah androgen digunakan untuk bahan-bahan yang keja biologiknya sama dengan testeron. Fungsi utama hormon teteron adalah merangsang perkembangan dan aktivitas organ-organ reproduksi dan sifat-sifat sekunder.

Testeron adalah androgen utama pada kaum pria. Androgen diperkirakan bertanggung jawab terhadap keagresifan dan tingkah laku seksual pada pria. Salah satu sumber androgen di alam adalah buah cabe jawa.

Diduga kandungan piperin dalam cabe jawa memiliki efek stimulan terhadap sel-sel syaraf sehingga mampu mengingkatkan stamina tubuh.

Oleh karena itu cabe jawa bisa digunakan sebagai afrodisiak karena mempunyai efek androgenik, untuk anabolik dan sebagai antivirus.

Secara umum kandungan kimia atau senyawa kmia berperan sebagai afrodisiak adalah keturunan steroid, saponin, alkaloid, tannin, dan senyawa lain yang dapat melancarkan peredaran darah. Piperine mempunyai daya antipiretik, analgesik, antiinflamasi, dan menekan susunan saraf pusat.

Leave a Comment