Manfaat Luar Biasa Jambu Biji Untuk Kesehatan

Manfaat Jambu Biji – Jambu biji adalah salah satu buah yang banyak digemari karena memiliki rasa yang manis jika matang. Tahukah Anda apa saja manfaat jambu biji untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Nama lokal : Jambu klutuk (Jawa), gayawas (Manado), jambu paratulaka (Bugis), masiambu (Nlas), sotong (Bali), dambu (Gorontalo) lutu hatu (Ambon).

Nama Latin : Psidium guajava

Nama Asing : Fan shi liu gan (China), guava (Inggris)

Manfaat Jambu Biji

Daun dan buahnya bermanfaat sebagai obat demam berdarah karena dapat meningkatkan kadar trombosit darah. Selain itu daunya digunakan sebagai antidiare.

Senyawa aktif pada daun yang berfungsi sebagai antidiare adalah tannin. Ekstrak daun jambu biji dapat digunakan untuk membasmi bakteri/mikroba penyebab diare (Salmonella typhii, E coli, Shigella dysentriae).

Buah jambu biji ini digunakan untuk meningkatkan trombosit darah, sehingga banyak digunakan untuk melawan Demam Berdarah Dengue (DBD). Bagian yang paling baik adalah daun yang tidak terlalu tua dan muda.

Jika terlalu tua flavonoid banyak mengalami oksidasi dikhawatirkan kuran efektif. Pada daun muda kandungan flavonoidnya belum mencukupi.

Senyawa Aktif Yang Terdapat Pada Jambu Biji

Komposisi kimia di dalam daun jambu biji adalah golongan aldehid, eugenol, quercentin, tannin 9-12%, minyak asiri, minyak lemak dan asam malat.

Bukti Ilmiah

Anti DBD : Pada pasien demam berdarah terjadi peningkatan sistem komplemen akibat aktivasi kompleks antigen virus-antibodi. Peningkatan ini menyebabkan lepasnya anafilatoksin-suatu mediator kuat terjadinya peningkatan permeabilitas vaskuler-yang dapat menyebabkan syok,bahkan kematian.

Para penderita demam berdarah akan mengalami 2 perubahan dalam tubuhnya : peningkatan permeabilitas vaskular menyebabkan terjadinya kebocoran plasma dapat menimbulkan syok/kematian.

Inilah yang paling ditakutkan sehingga pengobatan demam berdarah berkonsentrasi pada cara mengembalikan permeabilitas vaskular ke kondisi normal lagi. Oleh karena itu, aktivitas komplemen yang berlebihan harus ditekan. Berbagai penelitian menunjukkan ekstrak daun jambu biji dapat menekan aktivitas komplemen.

Hasil riset Prof Dr Soegeng Soegijanto SpA (K), DTM&H dan Harjono Achmad-keduanya dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga-membuktikan, khasiat daun jambu biji sebagai anti-DBD.

Mereka menguji klinis acak terkontrol tersamar ganda dibagian anak RSU Dr Soetomo, Surabaya. Riset berlangsung setahun sejak Oktober 2004, Sebanyak 22 pasien diberi satu sendok teh ekstrak daun jambu biji. Frekuensinya 3 kali sehari selam 3-4 hari berurutan. Hasilnya angka trombosit melonjak hingga 100.000/ul.

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment