Menu dan Tips Diet Sehat yang Aman dan Alami

Tips Diet Sehat yang Aman dan Alami Diet sehat menjadi solusi bagi anda yang mengalami masalah berat badan dengan aman. Obesitas menjadi momok yang menakutkan bagi kebanyakan orang.

Kebanyakan orang rela melakukan berbagai cara untuk mengurangi berat badan yang berlebih. Cara-cara ekstrim umum dilakukan masyarakat demi mendapatkan tubuh ideal.

Namun kenyataannya berbagai diet yang menyiksa justru menimbulkan dampak yang buruk bagi kehatan. Berikut akan diuraikan berbagai tips seputar diet sehat cepat dan alami.

Menu Diet Sehat

Menurunkan berat badan bukan berarti anda tidak makan sama sekali. Anda bisa tetap makan seperti biasa namun dengan pola tertentu dan lebih cermat memilih makanan.

Menu makan sehat ialah makanan yang mengandung vitamin, protein, serat dan rendah kalori. Jadi bagi anda yang ingin berdiet, jauhilah makanan sampah atau junkfood. Berikut beberapa makanan tepat untuk anda yang sedang menjalani program diet sehat.

Air putih

Sudah bukan rahasia lagi air putih menjadi menu diet sehat paling mudah dan murah. Air putih membantu proses metabolisme dalam tubuh.

Delapan gelas perhari atau dua liter air cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh anda. Minum air putih sebelum makan membantu mengurangi nafsu makan anda.

Sayur-sayuran

Sayur-sayuran mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu sayur-sayuran yang kaya akan serat dapat membantu dalam proses pencernaan anda. Lagi pula sayuran rendah kalori sehingga anda tak perlu takut makan sayuran dengan jumlah lebih banyak.

Asinan

Asinan ternyata sangat rendah kalori. Makanan ini menjadi camilan alternatif bagi anda yang sedang menjalani program diet sehat.

Tahu

Tahu merupakan makanan yang kaya akan protein dan serat. Penelitian menyebutkan bahwa wanita dengan berat badan berlebih akan makan malam lebih sedikit setelah makan tahu.

Gandum

Sudah umum diketahui masyarakat bahwa gandum memiliki kandungan serat yang banyak. Serat diketahui dapat mengenyangkan perut. Gandum dapat menggantikan nasi sebagai makanan utama yang rendah kalori.

Apel

Berdasarkan sebuah penelitian, ditemukan suatu senyawa lilin yang ditemukan di kulit apel yang dapat membantu mengurangi obesitas. Beberapa artis dunia menggunakan apel sebagai menu diet sehat mereka.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan serat dan protein yang dapat membantu dalam proses pencernaan dan dapat mengontrol gula darah dalam tubuh. Selain itu mengkonsumsi kacang-kacangan membuat anda merasa kenyang lebih lama.

Alpukat

Alpukat mengandung lemak alami yang bermanfaat bagi tubuh. Lemak tak jenuh yang terkandung di dalamnya dapat menggantikan kebutuhan lemak yang dihasilkan nasi atau daging untuk kebutuhan lemak anda tiap harinya.

Program Diet Sehat dan Cepat

Berikut tips diet sehat dan cepat namun tidak menyiksa anda.

Makan sedikit tetapi teratur

Dalam program diet sehat anda harus menghindari untuk tidak makan sama sekali. Karena hal itu justru akan membawa dampak buruk bagi kesehatan.

Mengurangi porsi makan adalah solusi sehat untuk program diet anda. Tips sehat menjalani diet ialah dengan makan teratur namun dengan porsi yang sedikit dan perlu diperhatikan juga kandungan nutrisi makanan anda.

Jangan terlalu banyak duduk

Bagi anda yang bekerja di kantor dan lebih sering duduk ada baiknya sesekali bergerak untuk merenggangkan otot. Terlalu banyak duduk tidak akan banyak membantu membakar kalori tubuh anda.

Rutin berolahraga

Cara paling ampuh membakar kalori adalah dengan berolahraga. Jogging tiap pagi menjadi rutinitas yang baik dan murah bagi anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Namun perlu diingat olahraga yang berlebihan justru tidak baik, selain menguras tenaga juga akan lebih rentan cedera.

Jangan lupa sarapan

Sarapan akan memberikan asupan nutrisi untuk beraktifitas anda hingga siang hari. Melupakan sarapan justru akan membuat anda ingin balas dendam ketika makan siang.

Itulah beberapa tips untuk diet sehat, menu dan cara diet cepat alami.

Leave a Comment