Inilah 6 Menu Makanan Sehat dan Bergizi Untuk Ibu Hamil

Menu Makanan Sehat Dan Bergizi Untuk Ibu Hamil Bagi para ibu hamil terlebih pada kehamilan pertama selalu bingung mencari menu makanan ibu hamil yang dapat mencukupi nutrisi bagi calon buah hatinya.

Para suami rela menebus berbagai makanan dengan harga mahal seperti ikan salmon untuk menjaga kesehatan sang istri dan buah hati.

Namun sebenarnya makanan sehat untuk ibu hamil tidak selamanya harus mahal. Berikut kami sajikan beberapa makanan ibu hamil yang sehat, murah dan mudah didapatkan di sekitar kita.

Menu Makanan Sehat dan Bergizi Untuk Ibu Hamil

Telur

Telur menjadi makanan ibu hamil yang baik karena mengandung hingga 12 vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam masa kehamilan. Selain itu kandungan protein yang tinggi memiliki peran vital dalam perkembangan janin.

Asupan protein ibu hamil meningkat hingga 12 gram/kg berat tubuh, padahal dalam kondisi normal kebutuhan protein hanya 1 gram/kg tubuh.

Telur juga memiliki kandungan kolin untuk pertumbuhan bayi dan kesehatan otak. Omega-3 yang terkandung didalamnya juga memiliki peran penting untuk menunjang kecerdasan anak.

Kacang-kacangan

Seperti yang sudah kita ketahui kacang mengandung banyak protein nabati yang baik untuk tubuh. Kandungan kalsium, folat, seng dan zat besi sangat bermanfaat untuk bayi dalam kandungan. Kacang-kacangan juga mengandung serat yang bermanfaat bagi ibu hamil untuk menjaga pencernaan tetap lancar.

Ubi jalar

Ubi jalar merupakan sumber vitamin C yang bermanfaat menjaga daya tahan tubuh. Kandungan folat sangat bermanfaat bagi janin ibu hamil.

Ubi jalar yang berwarna kuning memiliki pigmen pembentuk warna yaitu karotenoid sumber vitamin A. Ubi jalar juga mengandung banyak serat yang bermanfaat untuk perncernaan.

Sayuran hijau

Sayuran hijau menjadi sumbernya zat besi yang sangat berguna bagi tubuh. Kandungan vitamin seperti vitamin A, C dan K menjadi komponen penting dalam masa kehamilan. Beberapa sayuran hijau juga mengandung kalsium, folat, potassium, dan serat yang penting sebagai makanan ibu hamil.

Buah-buahan

Tidak perlu diragukan lagi, buah-buahan mengandung sejuta vitamin dan mineral. Vitamin A, C dan K, serta zat besi, kalsium, folat, potassium, serat, dan antioksidan bisa didapatkan di dalam buah yang berwarna-warni.

Air putih

Air putih menjadi sumber cairan yang baik bagi tubuh. Dalam masa kehamilan kebutuhan cairan tubuh meningkat seiring kenaikan berat badan.

Pantangan Makanan Ibu Hamil

Selain menjaga asupan nutrisi bagi tubuh, ibu hamil juga memiliki beberapa pantangan makanan yang dapat membahayakan kesehatan tubuh dan janin. Berikut beberapa pantangan makanan ibu hamil.

Alkohol

Tidak perlu dijelaskan lagi tentang bahaya alkohol. Bagi wanita yang tidak hamil pun berbahaya jika mengkonsumsi alkohol, terlebih bagi yang sedang hamil. Resiko keguguran pasti akan menghantui jika dalam masa kehamilan mengkonsumsi barang haram tersebut.

Kafein

Kafein dapat memicu percepatan denyut jantung. Selain itu konsumsi kafein yang berlebihan juga dapat beresiko keguguran.

Sebuah studi menyebutkan bahwa wanita hamil dengan konsumsi kopi lebih dari 2 gelas memiliki risiko keguguran dua kali lipat lebih tinggi dari mereka yang tidak meminumnya. Namun perlu kita ketahui bahwa kafein tidak hanya terdapat pada kopi saja, teh dan minuman bersoda juga banyak mengandung kafein.

Makanan mentah dan terlalu matang

Makanan yang dimasak setengah matang terkadang masih mengandung bakteri yang dapat membahayakan kandungan anda.

Juga makanan yang dimasak terlalu matang justru dapat menghilangkan nutrisi yang terkandung di dalam makanan tersebut. Jadi makanan yang mantah dan terlalu matang tidak cocok menjadi makanan ibu hamil.

Demikianlah beberapa makanan ibu hamil dan beberapa pantangan yang dapat membahayakan ibu dan janin. Semoga artikel 6 Makanan Ibu Hamil ini bermanfaat bagi anda.

Leave a Comment