Inilah 7 Pantangan Bagi Ibu Hamil yang Harus Kamu Tahu

Pantangan Ibu Hamil Masa kehamilan adalah masa-masa penantian yang panjang. Selama kehamilan, kita tidak tahu-menahu tentang kondisi bayi dalam kandungan, meskipun sekarang sudah ada teknologi USG.

Penginderaan melalui USG hanya memperlihatkan secara kasar kondisi janin dalam perut. Cacat mental atau kesehatan bayi tidak akan terpantau dengan metode ini. Pola makan dan pola hidup sangat berpengaruh terhadap kondisi calon buah hati.

Pola hidup yang tidak sehat dapat berdampak buruk terhadap janin, cacat fisik, cacat mental hingga keguguran menjadi ancaman serius bagi ibu hamil yang tidak pernah memperhatikan pola hidup secara sehat. Berikut kami sampaikan 7 Pantangan Ibu Hamil yang mungkin bermanfaat bagi anda.

Merokok

Asap rokok mengandung sekitar 4000 zat dan 200 diantaranya berbahaya bagi kesehatan kita. Beberapa zat paling berbahaya dari rokok adalah tar, nikotin, dan karbon monoksida (CO).

Resiko yang ditimbulkan dari asap rokok terhadap janin ialah prematur, lahir dengan berat badan rendah hingga keguguran. Peringatan dalam tiap bungkus rokok yang berbunyi “Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin” mungkin sudah cukup jelas tentang bahaya yang ditimbulkannya terhadap wanita hamil.

Ingat, yang berbahaya dari rokok adalah asapnya, jika kita sudah tidak merokok namun lingkungan kita masih penuh asap rokok juga sama saja.

Jadi para suami yang perokok mulailah menyayangi istri dan calon buah hati anda dengan berhenti merokok sekarang juga.

Diet

Sudah menjadi hal yang lumrah jika dalam masa kehamilan seorang ibu mengalami kenaikan berat badan. Sebuah ide buruk bagi anda yang hamil muda untuk mencoba menurunkan berat badan anda.

Diet sudah barang tentu menjadi pantangan ibu hamil karena dapat membahayakan janin. Janin mendapatkan nutrisi dari sang ibu.

Jika sang ibu membatasi asupan nutrisinya dengan diet, ancaman kekurangan nutrisi akan sangat berbahaya bagi perkembangan janin. Beberapa akibat yang ditimbulkan ialah cacat tabung syaraf, pertumbuhan terhambat dan kretinisme.

Rontgen

Rontgen menjadi salah satu pantangan ibu hamil karena efek radiasi yang ditimbulkan akan berdampak buruk bagi janin yang dikandung. Cacat dan gangguan perkembangan adalah efek yang ditimbulkan akibat terpaan sinar X.

Pantangan Ibu Hamil Tua:

Tidur tengkurap

Jika perut mulai membuncit posisi tidur menjadi sangat terbatas. Perlu pengetahuan tentang posisi tidur yang baik bagi ibu hamil. Posisi tidur dengan cara telungkup adalah pantangan ibu hamil tua karena dikhawatirkan akan membuat bayi dalam perut tertindih. Lagipula tidur secara tengkurap memang tidak dianjurkan bahkan bagi kita yang tidak dalam kondisi hamil.

Menggunakan sepatu high heels

Ingin terlihat cantik adalah sifat yang manusiawi bagi perempuan. Namun menggunakan sepatu high heels atau hak tinggi jelas menjadi pantangan ibu hamil terlebih pada masa akhir kehamilan. Memang tidak ada pengaruh secara langsung pada bayi tetapi lebih kepada sang ibu.

Resiko terpeleset dan terkilir jelas akan berbahaya bagi ibu dan bayi jika posisi jatuh salah. Menggunakan sepatu high heels juga berdampak bertambahnya tekanan pada kaki dan pinggang.

Air hangat

Mengapa air hangat menjadi pantangan ibu hamil? Sebenarnya tak ada salahnya bagi ibu hamil tua untuk mandi air hangat namun terlalu lama berendam di air hangat akan menjadi pantangan bagi ibu hamil.

Tahukah anda mengapa metode water birth atau melahirkan dalam air menggunakan air hangat? Selain membuat tubuh rileks air hangat juga memicu adanya kontraksi. Pasti anda tidak mau jika proses kelahiran terjadi di kamar mandi bukan?

Stress

Stress adalah induk segala penyakit. Berbagai masalah timbul ketika kita mengalami stress tidak terkecuali saat hamil. Penelitian di Amerika Serikat menyebutkan bahwa wanita yang mengalami stress berat di awal kehamilan cenderung melahirkan bayi prematur.

Stress juga akan menghambat aliran darah ke plasenta, akibatnya janin akan mengalami kekurangan nutrisi dari sang ibunda sehingga menghambat pertumbuhannya. Sehingga sudah jelas stress menjadi salah satu pantangan ibu hamil.

Menunggu kelahiran buah hati memang menyenangkan namun perlu juga diperhatikan beberapa pantangan ibu hamil agar terhindar dari masalah-masalah kehamilan. Itulah beberapa pantangan ibu hamil muda dan tua. Semoga bermanfaat bagi anda.

Leave a Comment