Inilah 4 Pemicu Serangan Jantung yang Harus Kamu Tahu

Pemicu Serangan Jantung Serangan jantung menjadi penyebab kematian orang dewasa di negara Amerika. Tercatat hingga satu setengah juta jiwa melayang pertahun karena serangan jantung mendadak.

Pun tidak jauh berbeda dengan Indonesia, serangan jantung hampir selalu mewarnai alasan kematian seseorang. Perlu kita ketahui bersama bahwa serangan jantung yang mendadak sebenarnya tidak sepenuhnya mendadak.

Sebuah proses penyakit jantung yang berjalan lama akan mendadak menjadi serangan jantung yang mematikan hanya dengan pemicu kecil.

Sebuah tumpukan kolesterol yang semakin lama semakin tebal mulai mempersempit pembuluh arteri jantung. Dan hanya dengan sekali sumbatan, serangan jantung terjadi. Perlu kita ketahui bersama pemicu serangan jantung agar kita lebih waspada.

Mandi air hangat

Mandi air hangat adalah kebiasaan yang menyenangkan. Terlebih jika suhu sekitar sedang dingin dan membuat kita malas beraktifitas. Selain membuat tubuh merasa nyaman lelah pun hilang seketika setelah mandi air hangat.

Tapi tahukah anda bahwa mandi air hangat dapat memicu serangan jantung? Sebuah penelitian di Jepang tahun 2005-2007 menyatakan bahwa serangan jantung meningkat hingga 10 kali lipat pada musim dingin daripada musim hangat.

Mandi air panas pada cuaca dingin akan mengakibatkan turunnya tekanan darah secara drastis. Jelas hal ini akan berdampak pada penurunan fungsi kerja jantung secara mendadak.

Hal inilah yang memicu serangan jantung. Kematian mendadak akibat mandi air hangat bahkan lebih besar prosentasenya dibandingkan dengan aktivitas olahraga.

Minum air dingin

Jika anda adalah orang yang hobi minum air dingin setelah makan, berhati-hatilah. Minum air dingin dapat menjadi pemicu serangan jantung.

Menurut ilmu kedokteran, konsumsi air dingin setelah makan dapat membentuk pembekuan makanan berminyak yang baru saja disantap. Bagi penderita obesitas, ini adalah kebiasaan yang akan mengancam kesehatan anda.

Terlebih bagi penderita penyakit jantung koroner, hawa dingin yang ditimbulkan dapat memicu pengerasan saluran arteri koroner sehingga menyebabkan penyempitan pembuluh arteri koroner. Dan tinggal menunggu waktu terjadi serangan jantung.

Mendengkur

Apnea tidur obstruktif adalah penyakit yang sering dikaitkan dengan mendengkur kronis. Para penderita apnea tidur berkepanjangan akan mengakibatkan tekanan darah tinggi dan dapat menyebabkan pembesaran jantung dengan resiko tinggi terkena serangan jantung dan stroke.

Mobil dan Televisi

Sebuah penelitian yang melihat kaitan akan kegiatan seseorang dan kepemilikannya mempengaruhi kesehatan menemukan bahwa orang-orang yang memiliki mobil maupun televisi beresiko terkena serangan jantung hingga 27 persen lebih tinggi daripada orang-orang yang tidak memilikinya.

Perkembangan teknologi membuat orang semakin malas melakukan berbagai aktifitas sehingga resiko penyakit justru bertambah.

Namun anda tidak perlu khawatir, resiko serangan jantung dapat dihindari dengan hidup sehat. Dengan melakukan berbagai aktifitas akan menurunkan resiko kita terkena penyakit jantung.

Info Seputar Serangan Jantung

Selain kebiasaan yang dapat memicu serangan jantung, akan kami berikan tips kesehatan seputar serangan jantung. Tahukah anda bahwa paparan sinar matahari ternyata dapat mengurangi resiko serangan jantung?

Hasil studi yang dilakukan di Edinburgh University menyebutkan bahwa sinar UV yang berasal dari matahari dapat melepaskan suatu senyawa yang dapat menurunkan tekanan darah. Menurut dosen senior dermatologi Edinburgh University, Dr Richard Weller bahwa sinar matahari memiliki manfaat lebih besar bagi kesehatan jantung daripada resiko terkena kanker kulit.

Jadi jangan takut terkena sinar matahari, karena justru dapat menyehatkan jantung kita. Serangan Jantung mendadak pun akan terhindar.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.