Inilah Pengertian, Konsep dan Penerapan Kinesiologi

Pengertian, Konsep dan Penerapan Kinesiologi Definisi kinesiologi bisa kita temukan dari berbagai sumber, diantaranya yaitu sebagai berikut:

Kinesiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang gerak tubuh manusia yang bisa diaplikasikan dengan prinsip mekanik dalam gerak tubuh manusia seperti biomekanik atau biomekanik kinesiologi.

Kinesiologi berasal dari kata Yunani Kinesis dan Kinein. Kinesis artinya gerakan sedangkan kinein artinya berpindah. Jadi kinesiologi dikenal sebagai ilmu yang membahas tentang gerakan manusia. Kinesiologi memfokuskan kepada aktivitas fisik.

Kinesiologi berasal dari kata kines dan logos. Kines artinya gerak, logos artinya ilmu. Jadi kinesiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang gerak.

Kinesiologi berasal dari kata kinein dan logos. Kinein artinya bergerak, sedangkan logos artinya membicarakan. Secara sederhana bisa kita simpulkan bahwa kinesiologi merupakan ilmu yang mempelajari mekanika pergerakan manusia.

Itulah beberapa definisi dan pengertian dari konsep kinesiologi. Untuk mengkaji lebih dalam perihal kinesiologi, kamu harus benar-benar paham bagaimana konsep mekanika dasar.

Konsep kinesiologi bisa diterapkan dalam dunia industri, industri kesehatan dan industri kebugaran tubuh. Konsep kinesiologi bisa diaplikasikan bersamaan dengan ilmu urai, biokimia, ilmu faal dan ilmu mekanik.

Penerapan dasar ilmu mekanik akan membahas bagaimana sikap tubuh dan cara jalan seseorang, cara menggunakan  alat rumah tangga maupun alat olahraga.

Sekarang ini banyak psikolog dan psikiater yang meneliti aspek psikomatik dari kinesiologi dan membahas mengapa manusia bergerak.

Nenek moyang kita sudah menjelaskan bahwasanya manusia itu bergerak secara teratur dan anggun. Manusia memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan. Semua ini merupakan nikmat dan karunia dari Allah Swt yang harus kita syukuri.
Penerapan kinesiologi akan banyak kita temui dalam bidang kedokteran, bidang olahraga dan bidang seni tari.
Setelah membahas konsep dasar dari kinesiologi, selanjutnya kita akan membahas perihal gerak. Gerak merupakan perubahan posisi suatu objek menurut sudut pandang tertentu.

Gerak bisa terjadinya karena adanya gaya. Supaya terjadi perpindahan, gaya yang diberikan harus lebih besar daripada gaya yang dimiliki oleh objek tersebut.

Faktor penyebab gerak diantaranya ada faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang menyebabkan suatu objek bergerak yaitu karena titik perkenan gaya pada objek tersebut berhubungan dengan titik berat objek. Sedangkan faktor eksternal seperti adanya gesekan, tahan air dan tahan udara.

Gaya yang diberikan kepada suatu objek bisa menyebabkan benda tersebut bergerak dan berpindah dari posisi awalnya. Gaya juga bisa membuat suatu objek yang sedang bergerak menjadi berhenti. Selain itu, gaya juga bisa menghambat objek yang sedang melaju menjadi lebih lambat, contohnya gaya gesekan.

Gaya internal yang menyebabkan terjadinya gerak bisa dihasilkan oleh badan yang dikenakan pada benda, contohnya seperti gaya otot. Sedangkan gaya eksternal yaitu gaya yang berasal dari luar badan seperti gaya gesekan, gaya berat, gaya gravitasi, gaya tahan udara dan air.

Besarnya gaya yang diberikan kepada suatu objek akan menentukan seberapa jauh objek tersebut bergerak. Selain itu, pergerakan objek juga dipengaruhi oleh titik perkenaan gaya pada objek dan arah gaya. Jika gaya yang diberikan searah tentu akan menghasilkan efek yang lebih besar.

Titik berat atau titik keseimbangan tubuh setiap orang berbeda-beda. Pada orang dewasa, titik keseimbangan terletak setinggi oss sacrum sebelah atas atau veterbrae saktalis ketiga. Sedangkan titik keseimbangan wanita lebih rendah karena panggul dan paha pada wanita relatif lebih berat.

Kesimpulannya, kinesiologi merupakan ilmu yang mempelajari gerak tubuh manusia. Selain mempelajari keadaan fisik, konsep kinesiologi juga bisa digunakan untuk menilai mental manusia misalnya untuk mengukur tingkat kebohongan.

Ketika sedang berbohong maka biasanya otot-otot tubuh akan melemah, akibatnya seluruh badan akan ikut melemah dan jiwa juga akan melemah.

Leave a Comment