Pengertian, Jenis, Faktor Penyebab dan Cara Menyembuhkan Wasir atau Ambeien

Pengertian, Jenis, Faktor Penyebab dan Cara Menyembuhkan Wasir atau Ambeien – Ambeien atau (Hemorrhoid dalam bahasa latin) adalah penyakit atau gangguan pada anus, dimana spinchter Ani atau bibir anus mengalami pembengkakan yang kadang-kadang disertai dengan pendarahan.

Wasir atau Ambeien disebabkan oleh kesalahan dalam melakukan gerakan pada olahraga tertentu, misalnya pada olahraga angkat beban atau olahraga pernapasan, terlalu banyak duduk, berdiri, faktor genetika (keturunan), mengejan terlalu keras saat melakukan buang air besar (biasanya akibat konstipasi) dan dapat terjadi juga pada wanita hamil.

Wanita lebih rawan terserang penyakit ambeien dibandingkan pria, dikarenakan wanita lebih sering mengalami pelebaran pembuluh balik, atau pembuluh vena (misalnya saat menstruasi atau hamil).

Jenis Ambeien

Secara Umum, Ambeien dibagi menjadi dua yaitu Ambeien Internal dan Ambeien Eksternal.

1. Ambeien Internal

Pembengkakan yang teerjadi didalam rectum, sehingga tidak bisa dilihat atau di raba. Pembengkakan jenis ini tidak menimbulkan rasa sakit karena hanya ada sedidkit syaraf di daerah rectum. Ambeien Internal dapat diketahui dengan adanya pendarahan saat buang air besar.

Dan masalahnya menjadi tidak sederhana lagi bila ambeien internal ini membesar dan keluar ke bibir anus yang menyebabkan kesakitan.Setelah sembuh ambeien internal yang berwarna fink dapat masuk sendiri dan juga bisa didorong masuk.

2. Ambeien Eksternal

Ambeien Eksternal menyerang anus sehingga menimbulkan rasa sakit, perih, dan gatal. Ambeien eksternal dapat menyababkan penggumpalan (thrombosis) yang menjadikan ambeien berwarna biru-ungu jika terdorong keluar oleh feses.

Faktor Penyebab Penyakit Ambeien

– Sembelit (konstipasi )
Kotoran yang keras menyebabkan seseorang sering mengejan/mengeden saat BAB.
– Wanita yang Hamil
dalam keadaan hamil tekanan rongga perut meningkat karena ada janin dalam kandungan. Kondisi yang sama juga dapat dialami oleh wanita setelah melahirkan karena mengejan.
– Kegemukan, proses penuaan, diare berkepanjangan dan anal seks adalah faktor-faktor lain yang dapat memicu timbulnya wasir.

Tanda-Tanda Dan Gejala Penyebab Penyakit Ambeien

1. Gatal dan nyeri di permukaan dubur.
2. Keluarnya lender atau darah bersama kotoran
3. Tetesan darah segar dari dubur
4. Benjolan lunak di permukaan dubur

Tips Cara Mengatasi Ambeien

1. Menjalankan pola hidup sehat
2. Mengkonsumsi makanan yang kaya serat
3. Minum air dalam jumlah yang cukup, minimal 1.5 liter/hari
4. Olahraga secara teratur
5. Hindari minum-minuman beralkohol, roko, dan obat-obatan narkotika.
6. Hindari berlama-lama nongkrong di toilet saat BAB
7. Jangan melakukan aktivitas seks yang tidak wajar
8. Jangan biasakan menahan kencing dan BAB

Cara Alami Menyembuhkan Ambeien

  1. Parut lidah buaya secukupnya atau dibuat jus, tambahkan setengah gelas air matang dan dua sendok madu, lalu di aduk dan di saring kemudian di minum.
  2. Lidah buaya secukupnya di buat jus lalu dcampur dan di aduk menggunakan norit secukupnya dan bubuk gambir secukupnya hingga rata kemudian dioleskan pada ambeien.
  3. Makan tape singkong atau tape ketan yang sudah sangat embek dan sudah matang. Makanlah 3X dalam sehari.
  4. Dengan menggunakan kecubung, caranya rebuslah bagian batang atau bagian daun kecubung yang sudah terlebih dahulu dibersihkan. Kemudian ramuan ini digunakan untuk membantu mencuci anus atau membersihkan anus dengan teratur.
  5. Menggunakan daun jamur kuping, caranya rebuslah sekitar 15 gram jamur kuping yang kemudian ditambahkan dengan gula secukupnya saja. Setelahitu hasil rebusannya dimakan untuk beberapa hari sampai ambeien sembuh.
  6. Makanlah makanan yang mengandung serat tinggi, seperti buah dan sayuran sangat baik untuk mencegah penyakit ambeien.

Itulah pengertian,faktor,tanda-tanda gejala, dan tips penyembuhan penyakit ambeien yang dapat saya tuliskan dalam kesempatan ini. Semoga bermanfaat dan dan dapat membantu anda mengatasi penyakit yang diderita.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.