Inilah Penyebab Kebiasaan Mengerat Gigi Saat Tidur

Penyebab Kebiasaan Mengerat Gigi Saat Tidur Sudah pernah dengar orang mengerat gigi atau gigi beradu pada saat tidur? Mungkin sebagian dari kalian semua sudah pernah mendengar orang yang mengerat gigi atau beradu gigi pada saat tidur.

Atau mungkin ada dari kalian yang mengalami hal ini. Mengerat gigi atau beradu biasanya sering terjadi pada anak-anak, namun tidak menutupi kemungkinan kalau orang dewasa juga mengalami hal ini.

Suara dari mengerat gigi atau beradu gigi ini lumayan mengganggu orang yang tidur bareng dengan orang yang mempunyai kebiasaan mengerat gigi atau beradu gigi.

Mungkin kita yang mempunyai kebiasaan mengerat gigi nggak pernah mengetahui bahwa kita mempunyai kebiasaan mengerat gigi yang cukup menganggu orang lain yang tidur dekat dengan kita.

Biasanya kita mengetahui kebiasaan mengerat gigi dari orang yang tidur dekat dengan kita. Ada baiknya kita mengetahui penyebab mengerat gigi pada saat tidur agar kita bisa tau cara apa yang harus kita lakukan untuk menghilangkan kebiasaan mengerat gigi tersebut.

Pasti kita nggak mau kan kalau teman-teman atau saudara kita yang biasa tidur bareng pada menjauh gara-gara terganggu dengan suara gigi beradu kita.

Mengerat gigi atau beradu gigi dalam istilah kedokteran disebut dengan bruxism. Bruxism adalah gerakan fungsional yang tidak normal seperti mengeratkan gigi rahang atas dan rahang bawah sehingga mengeluarkan suara seperti gigi beradu. Bruxism bisa dialami oleh semua usia baik anak-anak maupun dewasa.

Penyebab Mengerat Gigi Saat Tidur

Pada dasarnya penyebab mengerat gigi atau beradu gigi ini belum bisa ditentukan dengan pasti. Banyak yang menyebutkan penyebab mengerat gigi atau bruxism ini dikarenakan faktor kesehatan kita. Beberapa Penyebab Mengerat Gigi Saat Tidur yang harus diketahui sebagai berikut.

1. Faktor Lokal

Posisidan hubungan antara gigi rahang atas dan rahang bawah tidak rata. Bisa juga penyebab mengerat gigi dikarenakan rasa sakit disekitar gigi sehingga mengerat gigi dilakukan tanpa sadar agar dapat menghilangkan rasa sakit tersebut.

2. Psikologis

Penyebab Mengerat Gigi Saat Tidur bisa terjadi karena faktor psikologis yang kurang baik. Tingginya tingkat kekhawatiran, stress, dan masalah lainnya bisa menjadi pemicum kita mengerat gigi pada saat tidur.

3. Alergi

Penyebab Mengerat Gigi Saat Tidur atau bruxism yang terjadi juga bisa disebabkan oleh alergi dan defisiensi nutrisi.

4. Pola tidur

Pola tidur yang tidak baik bisa jadi menyebabkan masalah pada kesehatan kita. Orang yang tidur dengan mengorok cenderung mengalami kebiasaan mengerat gigi.

Kebiasaan mengerat gigi ini tidak bisa dianggap mudah. Dampak negatif karena kebiasaan mengerat gigi akan sangat merugikan kesehatan gigi kita.

Mengerat gigi juga akan membuat keausan dibagian dataran kunyah gigi dan lama kelamaan akan membuat rasa ngilu pada gigi.

Selain itu juga, bruxism dapat menyebabkan abrasi gigi, perubahan cara menggigit makanan, sakit kepala, dan nyeri pada otot rahang.

Demikianlah tulisan mengenai Penyebab Mengerat Gigi Saat Tidur. Mudah-mudahan bisa menambah informasi dan semoga bermanfaat.

Leave a Comment