Inilah Resep dan Cara Membuat Sale Pisang yang Nikmat

Cara Membuat Sale Pisang –┬áSale pisang hadir dengan 2 varian yakni sale kering yakni berupa pisang yang di iris memanjang dan tipis – tipis, lalu di olah kering (kripik sale), yang satunya lagi lebih dikenal dengan sale basah.

Sebenernya gak jauh beda dari sale pisang di atas tadi, irisan pisang memanjang, namun tidak di olah dengan kering alias sedikit basah-basah, namun tidak becek.

Untuk menentukan sale pisang yang Berkualitas bisa dilihat dari warna, rasa, bau, kekayalan dan ketahan waktu proses penyimpanannya. Untuk pembuatan sale secara tradisional faktor cuaca sangatlah berpengaruh penting, Kalau musim kemarau itu adalah musim yang sangat di gemari oleh pembuat sale tradisional karena sale akan kering secara alami.

Cara Pembuatan Sale Pisang Secara Tradisional:

1. Kupas pisang yang sudah tua dan matang, lalu kerok bagian luarnya agar bersin. Proses ini bertujuan untuk menghilangkan lapisan tanin yang terdapat pada lapisan pisang, sehingga sale bisa berwarna coklat mengkilat dan tidak sepat, Kalau tanin nya tidak di buang akan menghasilkan sale yang berwana hitam dan kurang ajiib.

2. Untuk mendapatkan sale yang tidak terlalu coklat, pisang dapat direndam dalam larutan Natrium Bisulfit (15 gram dalam 1 liter air bersih), selama kurang lebih 10.

3. Letak kan Bakal sale di atas tampah, lalu asapkan dengan kayu bakar kurang lebih selama 2 jam.

4. Jemur pisang diatas rak penjemuran beralaskan merang selama 5 – 7 hari sesuai cuaca yang ada, proses pengeringan akan berpengaruh terhadap kadar air, nilai gizi, aktifias enzim jasad renik, dan warna dari sale pisan tersebut, pengerian juga bisa di lakukan dengan oven, dalam proses penjemuran pipihkan pisang menggunakan kayu berbentuk silindir atau bambu untuk ketebalan yang di inginkan.

5. Sale yang di hasilkan bisa langsung dinikmati atau di kemas dalam plastik, Bisa juga di goreng untuk memberi nuasa Cita rasa yang lain.

Hemm setelah membaca dan memahami ternyata cukup ribet juga proses pembuatannya. Bagaimana Anda tertarik?

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.