Resep dan Cara Membuat Tom Yam Ayam yang Mantap

Resep dan Cara Membuat Tom Yam – Tom Yam adalah makanan khas dari Thailand. Tom Yam adalah sup yang terkenal di Thailand.

Biasanya di Thailand Tom Yam terbuat dari udang (tom yam goong), ayam (tom yam gai), ikan (tom yam pla), atau makanan laut yang dicampur (tom yam talay atau tom yam po taek) dan jamur.

Pada umumnya setiap orang yang keturunan China, pasti telah mencoba makanan ini, makanan yang penuh dengan protein dan sangat lezat.

Tom Yam juga masuk kedalam salah satu dari 10 makanan terlezat di dunia yang kami rilis sebelumnya, makanan ini digadang-gadang dapat memberikan citarasa yang begitu banyak, mulai dari asam, manis, asin sampai pedaas.

Resep Tom Yam yang kali ini akan kami sajikan adalah Tom Yam dengan bahan dasar Ayam atau disebut juga Tom Yam Gai. Berikut Resep nya.

Pertama-tama sediakan bahan-bahan berikut :

  • Daging Ayam sebanyak 300 gram, jangan lupa dipotong-potong seperti dadu.
  • Lalu sediakan Jamur Merang sebanyak 100 gram dan Wortel 1 buah yang telah dipotong-potong sesuai selera.
  • Berikutnya sediakan masing-masing 1 siung bawang bombai dan bawang putih, Bawang merah juga sebanyak 3 Siung, cabai rawit 3 buah dan Cabai Merah 4 buah, dan tomat 1 buah. semuanya iris/potong sesuai selera.
  • Jangan lupa sediakan juga 5 lembar daun jeruk purut dan 4 lembar daun ketumbar, khusus daun ketumbar diiris kecil-kecil.
  • Serai sebanyak 3 batang lalu memarkan, dan air jeruk nipis dari 3 buah jeruk nipis.
  • Dan yang terakhir 1000 ml air dan garam secukupnya.

Resep Tom Yam Ayam Spesial

Lalu, bersiaplah untuk membuat Tom Yam Ayam yang lezat, atau Tom Yam Gai kalau kata orang Thailand:

  1. Pertama-tama, haluskan bumbu-bumbu yang terdiri dari Bawang Merah 3 siung, Cabai Merah 4 Siung dan 1 siung Bawang Putih.
  2. Lalu tumis bumbu yang dihaluskan tadi dengan Bawang bombai yang telah di iris sesuai selera. Tunggu hingga harum.
  3. Berikutnya, masukkan potongan ayam, 1000 ml air, serai dan daun jeruk, biarkan hingga mendidih.
  4. Setelah mendidih, masukkan wortel, jamur, tomat, cabai rawit, dan garam secukupnya. Biarkan sampai semuanya matang.
  5. Setelah matang, jangan diangkat terlebih dahulu. Masukkan air jeruk nipis dan irisan daun ketumbar, lalu angkat dan sajikan sesuai selera anda.

Gimana? Mudah bukan membuatnya? Tom Yam Ayam selain lezat juga sangat penuh dengan protein dan bergizi pula. Maka dari itu, tidak heran jika Tom Yam dimasukkan sebagai salah satu makanan terlezat di dunia. Itulah mengapa Tom Yam sangat popular di Thailand. Selamat Memasak dan semoga berhasil membuatnya.

Leave a Comment