Benalu, Tanaman Parasit Yang Bersifat Antikanker

Tanaman Benalu Yang Bersifat Antikanker Tanaman Benalu Yang Bersifat Antikanker ini ternyata memang sudah terbukti khasiatnya, hanya saja masyarakat sekarang belum memahaminya secara baik sehingga tidak terkelola dengan baik.

Maka mulai saat ini harus kita ketahui bahwa Tanaman Benalu Yang Bersifat Antikanker sangat penting untuk kita ketahui.

Nama Lokal Benalu : Kepasilan, dalu-dalu (Sumatera), kemladehan (Jawa Tengah)

Nama Latin Benalu : Macrosolen cochinchinensis (benalu belimbing), Lorenthaceae dendrophthoe (benalu duku), scurrula antropurpurea (benalu teh)

Nama Asing Benalu : Honghua jingshen (China)

Tanaman Benalu

Benalu bersifat antiradang, antibakteri, diuretik, antibakteri, hipotensif, antiinflamasi, dan antiproliferasi.

Benalu merupakan tanaman parasit yang hidupnya menumpang di tanaman atau dipohon lain, Utamanya pada pohon-pohon besar. Ia merayap sari pati tanaman induk dan menggunakanya untuk proses metabolisme dalam tubuhnya sendiri.

Benalu sejatinya berbeda-beda, tergantung jenis tumbuhan inangnya. Untuk pengobatan dikenal 3 macam benalu, yaitu pada teh, belimbing Macrosolen cochinchinensis, benalu mangga Dendrophthoe petandra, atau benalu duku Loranthaceae dendrophthoe.

Benalu juga dimanfaatkan sebagai antiradang, antibakteri, dan antibengkak. Benalu juga digunakan sebagai obat batuk, diuretik, pemeliharaan kesehatan ibu pasca persalinan, penghilang rasa nyeri, luka atau infeksi kapang.

Tanaman parasit ini juga dimanfaatkan sebagai obat cacar air, diare, cacing tambang, amandel, campak, dan gabag.
Khasiat paling terkenal yang dipakai secara turun temurun yaitu untuk mengatasi kanker.

Salah satu spesies benalu yang kondang di luar negeri sebagai antikanker adalah Viscum album. Tanaman ini digunakan sebagai obat kanker dikorea dan china.

Di eropa sudah dijual dengan nama dagangiscador. Dalam hidupnya benalu menggrogoti sel tumbuhan inang. Idiom inilah yang digunakan sebagai dasar pemakaian benalu oleh nenek moyang.

Benalu umumnya tidak dipakai secara tunggal. Untuk mengatasi kanker atau tumor ia dipasangkan dengan sambiloto, kulit buah delima, dan tabatbarito.

Benalu menyumbang zat antikanker yang tugasnya menumpas sel-sel kanker dalm tubuh. Sambiloto menjadi stimulator kekebalan tubuh.

Buat antibodi sebagai benteng pertahan dan merangsang sel makorfag untuk lebih aktif menghancurkan zat asing. Sambiloto membantu kerja benalu, menghancurkan sel kanker. Sementara kulit buah delima berfungsi menghentikan pendarahan.

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment