Inilah 4 Tips Cara Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW, Terbukti Ampuh!

Tips Cara Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW Sehat adalah dambaan bagi semua orang, entah itu muda, tua, kaya maupun miskin. Banyak yang bilang kalau sehat itu mahal harganya.

Dan seiring munculnya berbagai macam penyakit di beberapa dekade ini, banyak orang mulai berlomba-lomba mencari dan mempelajari tips hidup sehat.

Sebagai konsekuensi dari pola hidup dan pola konsumsi manusia akhir-akhir ini, hal tersebut nampaknya menjadi hal yang lumrah. Banyak sekali hal-hal kecil yang dapat kita lakukan untuk memperoleh kehidupan yang sehat.

Salah satu yang patut untuk disimak adalah tips hidup sehat ala rasulullah. Apa saja sih tipsnya? Lihat beberapa poin di bawah ini yang mungkin bisa bermanfaat dan menjadi solusi bagi kehidupan Anda:

1. Tidak berlebihan ketika makan

Tips hidup sehat sehari-hari seperti ini nampaknya sudah sering kita dengar, namun susah untuk diterapkan. Hal ini wajar saja, ketika semua serba ada dan mudah dijangkau kita sreing lupa memikirkan perut dan kesehatan kita.

Sebenarnya hal-hal kecil seperti ini juga sangat penting bagi diet Anda (bagi yang sedang menjalankan program diet). Selain membuat perut dan lambung mengecil, makan secukupnya juga membuat tubuh lebih bugar dan tidak berat untuk beraktivitas karena terlalu banyak makan.

Rasulullah juga menganjurkan untuk tidak makan sebelum merasa lapar. Selain bagus untuk yang ingin tubuh langsing, tips yang satu ini juga nampaknya bisa membuat dompet kita tetap hemat dengan tidak makan secara berlebihan. Itu berarti sehat di dompet juga sehat di tubuh.

2. Minum sambil duduk

Salah satu hal yang sangat simple, dan mudah dilakukan dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan minum sambil duduk. Kalau di banyak kesempatan kita melihat banyak gaya hidup yang memberi contoh untuk makan dan minum berdiri, seperti yang ditayangkan di televisi, maka hal itu sebaiknya jangan ditiru.

Sebaliknya, minumlah sambil duduk. Karena berdasarkan penelitian para ahli, perilaku sederhana tersebut bisa membantu kinerja ginjal dan menjadikan ginjal lebih sehat.

Riset yang dilakukan, mneunjukkan bahwa meminum air dengan posisi berdiri menyebabkan ada katub yang belum siap menerima tekanan air yang masuk.

Sedangkan ketika kita duduk, katub tersebut telah siap menerima air dan sudah terbuka. Tips hidup sehat ini nampaknya sangat mudah dilakukan bagi siapa saja.

3. Sering berpuasa

Rasulullah mencontohkan kita untuk berpuasa. Namun hal tersebut tidak berarti kita harus puasa setiap hari full. Ikutilah puasa-puasa sunah seperti puasa Senin Kamis atau puasa Nabi Daud, maka dijamin, selain tubuh lebih sehat, terhindar dari penyakit, juga tubuh lebih ramping bugar.

4. Cepat tidur dan cepat bangun

Konsep hidup bugar ini termasuk ke dalam tips hidup sehat dan bahagia. Bagaimana tidak, orang yang terlalu banyak tidur, sudah tetu akan merasa sangat berat dan malas untuk melakukan sesuatu pekerjaan.

Tidur lebih cepat yang berarti tidak begadang bisa membantu menetralkan otak dan menghindari stress. Selanjutnya bangun lebih awal bisa membuat badan lebih bugar dan bersemangat ketika bangun.

Hal ini menjadi pola hidup yang sangat bagus jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bagi sebagian orang mungkin tidak mudah, karena mungkin faktor pekerjaan atau bahkan gejala insomnia.

Jika memang ingin mendapatkan badan bugar agar siap beraktivitas dan bekerja, ikutilah tip tersebut, maka pekerjaan pun akan nampak lebih mudah dan terhindar dari stress.

Demikian beberapa tips hidup sehat ala Rasulullah SAW. Semoga bermanfaat dan mari hidup sehat.

1 thought on “Inilah 4 Tips Cara Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW, Terbukti Ampuh!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.