Candi Borobudur, Salah Satu Tempat Wisata Bersejarah di Magelang

Wisata Candi Borobudur – Wisata Candi Borobudur adalah salah satu candi peninggalan sejarah Budha terbesar dan termegah di dunia, dibangun pada sekitar abad ke 9, pada masa raja Samaratungga yang berasal dari dinasti Syailendra.

Candi Borobudur berukuran 123 m x 123 m , mempunyai 1460 relief dan 504 stupa, menurut beberapa keterangan sejarah, nama Borobudur mempunyai arti gunung yang berteras-teras atau budhara.

Dalam sebuah sumber lain juga disebutkan bahwa Borubudur mempunyai arti biara atau tempat ibadah yang terletak di tempat yang tinggi.

Candi Borobudur terbagi menjadi beberapa bagian atau tingkatan, yaitu kamadhatu, rupadhatu, arupadhatu, dan arupa. Masing-masing tingkatan tersebut melambangkan tentang tahapan kehidupan manusia.

Kamadhatu melambangkan manusia yang masih terikat oleh nafsu, Rupadhatu melambangkan manusia yang sudah terlepas dari belenggu nafsu namun masih terikat oleh bentuk dan rupa.

Aruphadatu melambangkan manusia yang telah terbebas dari segala macam nafsu, rupa dan bentuk, dan tingkatan yang terakhir adalah arupa, yaitu tingkatan yang melambangkan tentang nirwana atau keabadian.

Letak Candi Borobudur

Image Source: buddhistdoor.net

Candi Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah, sekitar 100 km dari kota Semarang, dan 40 km dari kota Yogyakarta.

Lokasinya yang sangat mudah ditempuh dengan menggunakan berbagai macam jenis transportasi darat menjadikan candi ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan terutama pada musim liburan.

Karena wisata Candi Borobudur ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata keluarga, wisata sejarah dan juga wisata edukasi.

Selain Monumen candi, di kawasan wisata Borobudur ini juga ada venue untuk tempat bermain anak-anak, museum, dan juga banyak bertebaran para penjual jasa tukang pijat bagi anda yang merasa lelah setelah berkeliling di area candi.

Bagi Anda yang ingin mencari oleh-oleh atau pernak-pernik, jangan khawatir, karena di luar area candi sangat banyak pedagang yang menjual pernak-pernik dan segala macam souvenir yang berhubungan dengan Candi Borobudur seperti kaos, lukisan, gelang, topi dan masih banyak lagi.

Candi Prambanan

Image Source: hotelthecube.com

Jangan lupa untuk singgah ke Candi Prambanan jika anda sudah berkunjung di Candi Borobudur, letaknya ada di kota Yogyakarta, sekitar 50 km perjalanan dari Candi Borobudur.

Berbeda dengan Candi Borobudur yang merupakan peninggalan sejarah Budha, Candi Prambanan merupakan peninggalan sejarah kerajaan Hindu.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.