Wisata Pantai Plengkung, Kekayaan nan Indah Diujung Selatan Banyuwangi

Pantai Plengkung – Pantai Plengkung adalah salah harta karun kekayaan wisata indonesia yang terletak di ujung selatan kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Pantai Plengkung dikenal juga dengan sebutan G-land atau Grajagan land. Tempat ini merupakan surganya bagi para wisatawan yang gemar surfing atau berselancar.

Tentunya haruslah peselancar profesional, karena ombak di Pantai Plengkung ini sangat tinggi. Banyak sekali wisatawan mancanegara yang sengaja datang ke Indonesia untuk dapat merasakan dahsyatnya ombak di Pantai Plengkung.

Rata-rata mereka mengaku sangat takjub setelah berselancar dan merasakan langsung ombak di Plengkung.


Pantai Plengkung G-land


Image Source: surabayaadventure.com

Pantai Plengkung g-land merupakan kawasan wisata yang masuk dalam segitiga berlian pariwisata Banyuwangi.

Istilah segitiga berlian atau triangle diamonds adalah branding yang diberikan oleh pemerintah kabupaten Banyuwangi untuk 3 tempat wisata unggulannya, yaitu Kawah Ijen, Pantai Plengkung atau G-land, dan Pantai Sukamade.

Kenapa dinamai segitiga berlian, karena dari segi lokasi atau letaknya, jika ditarik garis lurus akan membentuk sebuah segitiga, seperti berlian.


Letak Pantai Plengkung


Image Source: javassunrise.wordpress.com

Pantai Plengkung g-land memang cukup jauh jaraknya dari pusat kabupaten Banyuwangi, karena letaknya ada di ujung selatan Banyuwangi dengan jarak sekitar 86 km jika ditempuh dengan jalur darat, tepatnya di teluk Grajagan.

Akses untuk menuju ke pantai ini juga terbilang masih cukup sulit, dengan kondisi jalan yang masih kurang bagus, namun saat ini pemerintah kabupaten Banyuwangi telah mulai memperbaiki semua akses transportasi menuju ke semua kawasan wisata unggulannya dan salah satunya adalah Plengkung, untuk memudahkan dan memberi kenyamanan bagi para wisatawan.


Julukan 3G


Image Source: banyuwangibagus.com

Pantai Plengkung g-land juga tersohor dengan julukan 3G.

G yang pertama adalah great, yang menggambarkan kedahsyatan dan keindahan ombak yang ada di pantai ini.

Bagaimana tidak, di Plengkung kita akan mendapati ombak yang tingginya bisa sampai 4-5 meter, dengan 7 gulungan ombak dalam interval waktu hanya 5 menit saja, luar biasa memang, itulah kenapa hanya peselancar profesional saja yang diizinkan untuk mencoba ombak Pantai Plengkung.

G yang ke dua adalah green, kawasan wisata Pantai Plengkung berada di areal kawasan taman nasional alas purwo.

Kawasan nasional ini merupakan kawasan hutan hujan tropis yang masih alami dan liar, memiliki ratusan bahkan ribuan spesies tanaman dan hewan yang hidup di dalamnya.

Jadi jangan heran jika ketika dalam perjalanan menuju Pantai Plengkung anda akan melihat berbagai macam spesies hewan seperti burung merak, banteng dan banyak hewan-hewan lainnya.

G yang ketiga adalah Grajagan, yaitu Teluk Grajagan, jika kita lihat dari sudut atas, Grajagan sangat indah, kerena teluk ini membentuk menyerupai huruf g.

Inilah kenapa Pantai Plengkung juga disebut dengan G-land. Itulah informasi tentang salah satu harta kekayaan alam indonesia Pantai Plengkung.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.