5 Jenis Kanker yang Banyak Terjadi di Indonesia

Kanker merupakan salah satu penyakit dengan penyebab kematian tertinggi di dunia.

Pertumbuhan sel jaringan tubuh yang tidak normal dapat menyebabkan sel kanker dan dampak paling buruknya yaitu sel kanker dapat menyebar keseluruh bagian tubuh bahkan hingga beresiko membahayakan nyawa.

Di beberapa kasus, tidak jarang penderita yang baru mengunjungi dan memeriksakan dirinya ke dokter ketika sudah ada keluhan karena gejala dari kanker yang tidak disadari oleh penderitanya.

Selain itu, tidak jarang juga kanker ganas sudah memasuki stadium lanjut


Jenis Kanker


Berikut merupakan jenis kanker yang banyak terjadi di Indonesia yang perlu anda ketahui!

1. Kanker Serviks

Image Source: honestdocs.id

Jenis kanker yang banyak terjadi di Indonesia yang pertama adalah kanker serviks. Kanker serviks merupakan kanker yang tumbuh di sel-sel pada leher Rahim.

Kanker serviks pada umumnya tidak menunjukan gejala tahap awal.

Meskipun belum diketahui secara pasti penyebabnya, faktor lain yang bisa memicu kanker serviks ialah kebiasaan merokok, karena kebiasaan meorok dapan meningkatkan resiko terkena kanker serviks.

Faktor lainnya yang dapat meningkatkan resiko antara lain, mengonsumsi pil kb selama 5 tahun lebih, mengonsumsi obat pencegah keguguran, melahirkan di bawah umur 17 tahun dan riwayat kanker serviks keluarga.

2. Kanker Darah

Image Source: hellosehat.com

Jenis kanker yang banyak terjadi di Indonesia selanjutnya adalah kanker darah. Kanker darah menyerang jaringan tubuh yang membentuk darah misalnya seperti sumsum tulang dan juga sistem limfatik.

Jika pada kondisi normal sel darah putih berkembang ditubuh secara teratur dengan tujuan untuk mengatasi infeksi.

Sebaliknya, penderika kanker darah sumsung tulangnya akan memproduksi sel darah putih yang abnormal.

Sel darah putih dengan jumlah yang berlebihan dapat mengakibatkan penumpukan dalam tulang yang juga mengakibatkan sel darah yang sehat akan berkurang.

3. Kanker Payudara

Image Source: hellosehat.com

Jenis kanker yang banyak terjadi di Indonesia selanjutnya adalah kanker payudara.

Sel kanker payudara biasanya terbentuk di dalam saluran yang mengalirkan susu keputing atau kelenjar yang berfungsi untuk memproduksi susu.

Kanker payudara umumnya sering dialami oleh wanita, namun tidak menutup kemungkinan juga jika kanker payudara dapat terjadi pada pria.

Gejala utama kanker payudara yaitu dengan munculnya benjolan namun terasa berbeda dari jaringan sekitar payudara dan juga keluar cairan serta rasa nyeri.

Selain itu, kanker payudara juga dapat lebih mungkin menyerang orang yang memiliki perubahan gen tertentu, sering mengonsumsi alkohol, menopause yang terlambat, menstruasi sebelum usia 11 tahun, belum pernah hamil atatupun hamil dengan usia di atas 35 tahun.

4. Kanker Paru-Paru

Image Source: hellosehat.com

Jenis kanker yang banyak terjadi di Indonesia selanjutnya adalah kanker paru-paru. Kanker paru-paru merupakan jenis kanker yang disebabkan oleh meorokok.

Biasanya, orang yang palinng banyak terkena kanker ini beruisa 55-56 tahun.

Tidak hanya perokok aktif, perokok pasif bahkan juga memiliki resiko terkena kanker paru-paru meskipun dampak yang ditimbulkannya tidak langsung.

Disarankan untuk berhenti merokok atau menjauhi asap rokok.

5. Kanker Prostat

Image Source: hellosehat.com

Jenis kanker yang banyak terjadi di Indonesia selanjutnya adalah kanker prostat.

Kanker prostat merupakan jenis kanker yang menjadi momok kaum pria karena kanker ini mengganggu fungsi dari organ reproduksi pria.

Di tingkat dasar, kanker prostat dapat disebabkan karena perubahan DNA sel prostat.

Penyebab lainnya yang memungkinkan terkena kanker ini antara lain terkait dengan usia lanjut, sering mengonsumsi susu dengan tinggi lemak, daging merah dan juga obesitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *