5 Jenis Penyakit Menular yang Perlu Diwaspadai

Penyakit menular merupakan penyakit yang dapat menular dari satu orang ke orang lainnya dan penularan penyakit dapat terjadi melalui kontak antara dengan orang yang sakit secara langsung ataupun melalui perantara.

Penularan penyakit melalui perantara atau secara tidak langsung misalnya pada saat menyentuh benda yang ada di tempat umum.

Kuman pada benda yang kita sentuh sebelumnya dapat menginfeksi dan menularkan peyakit pada tubuh kita jika menyentuh mulu, hidung atau mata tanpa kita mencucui tangan terlebih dahulu setelah menyentuh benda-benda itu.


Jenis Penyakit Menular


Berikut merupakan jenis penyakit menular yang harus anda tahu dan perlu di waspadai!

1. Diare

Image Source: verywellhealth.com

Penyakit menular yang pertama dan perlu diwaspadai adalah diare. Virus ini menyebabkan penyakit dimana seseorang akan mengalami ganggunan buang air besar.

Orang yang terkena penyakit ini ditandai dengan buang air besar lebih dari tiga kali sehari, tinja cair dan bahkan dapat juga disertai dengan lendir atau darah.

Banyak orang yang menganggap penyakit diare tidak berbahaya, namun sebaliknya, penyakit menular ini dapar beresiko menyebabkan kematian, terlebih jika di alami oleh balita.

Penyakit ini dapat di hindari dengan melakukan kebiasaan rajin mencuci tangan menggunakan sabun antiseptik sebelum makan atau ketika akan menyentuh makanan.

2. Kolera

Image Source: detik.net.id

Penyakit menular yang perlu diwaspadai selanjutnya adalah kolera. Kolera merupakan infeksi bakteri yang dapat menyebabkan dehidari akibat diare parah bagi penderitanya.

Penularannya biasanya melalui air yang sudah terkontaminasi dan jika tidak sesegera mungkin ditangai, dapat berakibat fatal bahkan dalam beberapa jam saja.

Kolera dapat dicegar dengan tidak tinggal di daerah yang terinfeksi kolera dan minum air yang sudah dimasak sampai mendidih atau air mineral botol.

Jika meminum minuman botol atau kemasan, ada baiknya bersihkan bagian luarnya dahulu.

3. Cacar Air

Image Source: theasianparent.com

Penyakit menular yang perlu diwaspadai selanjutnya adalah cacar air. Cacar air merupakan penyakit menular yang menyebar dengan mudah dan cepat.

Umumnya, cacar air cenderung lebih banyak menyerang anak-anak dengan usia di bawah 10 tahun namun tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga dapat kena cacar air.

Cacar air dapat dicegah dengan melakukan pemberian vaksin cacar air pada orang-orang yang memiliki resiko tinggi terkena cacar air serius atau menularkannya pada orang banyak.

Selain itu, dapat juga dengan tidak membiarkan penderita cacar air berada di tempat-tempat umum sebelum bintil-bintilnya pecah, lalu mongering, kemudian menjadi koreng.

4. Tifus

Image Source: jagad.id

Penyakit menular yang perlu diwaspadai selanjutnya adalah tifus. Tifus merupakan penyakit menular yang dapat mengakibatkan demam dan disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella Typhi.

Penyakit tifus dapat dicegah penularannya dengan cara menhindari kontak langsung dengan penderita tifus, mengonsumsi anti biotik sesuai resep dokter dan hindari kebiasaa menggunakan barang pribadi seperti handuk, karena dapat menularkan penyakit ini.

5. Campak

Image Source: parenting.co.id

Penyakit menular selanjutnya yang perlu diwaspadai adalah campak. Campak merupakan infeksi virus dengan di tandai munculnya ruam pada seluruh tubuh.

Lebih parahnya, campak dapat mengarah juga pada komplikasi yang lebih serius lagi.

Jika anda sedang menderita campak, hindari tempat-tempat umum atau pusat keramaian sekiranya empat hari setelah ruam campak muncul ditubuh untuk pertama kalinya.

Hal ini dilakukan agar tidak adanya penyebaran virus pada orang lain. Selain itu hindari juga interaksi atau kontak langsung dengan wanita hamil, balita dan anak kecil karena rentan terhadap infeksi virus.

Campak dapat dicegah dengan melakukan imunisasi sewaktu kecil dengan vaksin campak dan MMR.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *